Pemanfaatan Dana Desa Berdasarkan Prioritas

158
Ilustrasi. Gotong-royong warga kampung. Dokumentasi CDN

PALEMBANG – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Sumatera Selatan, Yusnin mengatakan, dana desa bantuan pemerintah pusat harus digunakan berdasarkan skala prioritas untuk kebutuhan masyarakat agar tepat sasaran.

“Jangan sampai pembangunan desa menjadi kurang bermanfaat akibat tidak ada skala prioritas dalam penggunaan dana tersebut,” kata Yusnin di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, dana desa harus digunakan seefektif mungkin untuk kemajuan masyarakat desa. Selain itu dapat digunakan dengan sistem padat karya.

Dalam pengelolaan dana desa agar tepat sasaran, pihaknya melaksanakan rapat koordinasi yang diikuti instansi terkait termasuk aparat kepolisian.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, penggunaan dana desa harus tepat sasaran. Bila dana desa yang cukup besar itu tidak dikelola secara baik maka pembangunan tidak menjadi maksimal.

Sementara, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, dana desa atau alokasi dana desa jumlahnya besar mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo menekankan kepada pihak Kepolisian untuk ikut membantu agar dana itu betul-betul bisa diterapkan untuk pembangunan desa.

Sehubungan itu dengan itu pihaknya minta para Kapolres, Kapolsek, Babinkamtibmas bersama Camat untuk melakukan pengawasan. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.