hut

Pembangunan Tol Layang di Makassar Masih Tahap Persiapan

Editor: Koko Triarko

Wali Kota Makassar, Ramadhany Pamanto. -Foto: Nurul Rahmatun Ummah

MAKASSAR — Pemerintah kota Makassar akan segera membangun tol layang, yang direncanakan mulai dari flyover jalan Urip Sumoharjo sampai perbatasan jalan Andi Pettarani.

Jalan Andi Pangeran Pettarani merupakan salah satu titik macet di kota Makassar, sehingga pembangunan tol layang, diharapkan mampu mengurai kemacetan.

Wali Kota Makassar, Ramadhany Pamanto, menjelaskan, pembangunan tol layang dalam kota ini masih dalam proses persiapan. Sebelum memasuki tahap pengerjaan, perlu diperhatikan faktor utilitas (struktur kabel) dalam tanah.

“Saat ini persiapannya yaitu tahap mendeteksi utilitas yang terdapat pada daerah tersebut, sehingga ketika memasuki tahap pengerjaan sudah tidak ada kendala lagi”, ungkapnya, Jumat (9/2/2018)

Danny, sapaannya, menegaskan kepada pihak kontraktor, agar hal tersebut benar-benar diperhatikan. Selain melihat keberadaan utilitas di bwah tanah, pipa-pipa milik PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) juga perlu ditinjau.

“Siapa tahu di dalam tanah masih ada pipa lama yang tidak diketahui titik letaknya, karena pipa tersebut tidak menutup kemungkinan masih pipa pengadaan  zaman Belanda, Orde Lama, Orde Baru, itu tidak tahu, dan kadang-kadang kita kekurangan data,” tandasnya.

Sementara itu, saat ditemui pada waktu berbeda, Humas PDAM, Idris, menjelaskan, jika pihaknya sudah menyerahkan sepenuhnya kepada kontraktor.

“Terkait pipa-pipa milik PDAM, kami sudah menyerahkan titik keberadaan pipa milik PDAM”, tuturnya.\

Idris juga menjelaskan, jika pihaknya telah menyerahkan gambar kepada pengembang. “Selain titik keberadaan pipa, kami sudah serahkan bentuk dan gambarnya juga kami sudah serahkan,” tutup Idris.

Lihat juga...