Rawan Banjir dan Pohon Tumbang, BPBD Minta Warga Waspada

Editor: Irvan Syafari

175
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balipapan, Suseno/Foto: Ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan minta masyarakat untuk mewaspadai terjadinya banjir, pohon tumbang dan tanah longsor. Kawasan yang dinilai rawan terjadi banjir itu adalah di Balikpapan Utara dan Tengah.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno menjelaskan, berdasarkan informasi dari BMKG selama satu bulan ini diperkirakan hujan mengalami puncaknya, meskipun tidak setiap hari hujan.

“Walau tidak setiap hari hujan tapi kondisi hujan disertai dengan angin kencang dan petir. Karena kami minta masyarakat waspada apabila sudah hujan dan angin,” katanya Kamis, (15/2/2018).

“Apabila ada tanda-tanda akan turun hujan sudah mulai turun, tidak hanya petugas yang siaga. Masyarakat juga segera lapor, apabila ada pohon tumbang, banjir maupun longsor,” tegas Suseno.

Adapun wilayah Balikpapan Utara yang rawan banjir yaitu Jalan Tumaritis, kawasan Kampung Timur, daerah Batu Ampar, Graha Indah, dan Karang Joang.

“Penyebab banjir yang terjadi di kawasan Balikpapan Utara ini salah satunya sampah. Karena sampah dapat menyumbat jalannya tali air di drainase dan lainnya. Makanya kami pantau beberapa titik,” sebut Sekretaris Camat Balikpapan Utara, Slamet Djunaidi.

Namun demikian, pihaknya juga terus menggalakkan Kerja Bhakti Massal (KBM) di sejumlah kelurahan dan RT setempat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan bebas dari sampah maupun banjir.

“KBM sudah rutin dilaksanakan, dari membersihkan drainase dan lain-lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 25 Kelurahan Graha Indah Shidiq Nur Alam menambahkan kerja bakti di lingkungan RT selalu dilakukan bersama warga sekitar. Biasanya aktivitas ini dilaksanakan pada hari libur. Rencananya besok kerja bakti kembali dilaksanakan dalam rangka hari peduli sampah nasional.

“Besok (16/2) itu kami ada kerja bakti di masing-masing blok. Jadi yang dilihat bukan hanya kerja baktinya, namun sambil menjalin silahturahmi,” tambahnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.