Sambungan Gratis PDAM, Pelanggan Membengkak

Ilustrasi - Dok: CDN

JAMBI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menyatakan, program sambungan air bersih gratis yang digulirkan pemerintah pusat dan daerah mampu meningkatkan jumlah pelanggan air bersih di kabupaten itu.

“Memang peningkatan pelanggan kita cukup signifikan, kita akui peningkatan pelanggan tersebut berkat adanya program sambungan gratis air bersih oleh pemerintah pusat terhadap masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Batanghari, Abu Bakar Sidik di Muarabulian, Selasa.

Dikatakannya, pelanggan PDAM Tirta Batanghari mengalami peningkatan signifikan dari 7.945 pelanggan di tahun 2016 meningkat menjadi 11.328 pelanggan di tahun 2017 atau terjadi penambahan pelanggan sebanyak 3.383 pelanggan.

Selain berkat adanya sambungan gratis terhadap masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan pelanggan PDAM tersebut juga disebabkan adanya program sambungan gratis yang digulirkan Pemkab Batanghari melalui dana APBD.

Sementara itu, dengan meningkatnya jumlah pelanggan PDAM tersebut ternyata berpengaruh terhadap kapasitas pompa air pada unit pelayanan PDAM Tirta. Dimana saat ini beberapa unit pelayanan cabang PDAM di daerah itu telah melebihi batas kapasitas pompa air.

Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Tirta Batanghari, Sayiful mengatakan, saat ini di kabupaten itu terdapat satu unit pelayanan induk air bersih dan 13 unit pelayanan cabang.

Dari 14 unit pelayanan PDAM itu, juga terdapat beberapa unit pelayanan PDAM yang melebihi kapasitas karena membludaknya jumlah pelanggan.

“Pada umumnya kapasitas pompa di beberapa unit pelayanan masih berada di bawah jumlah pelanggan. Namun ada beberapa unit pelayanan telah melebihi kapasitas, seperti unit pelayanan PDAM di Desa Rambutan Masam dan Desa Bajubang Laut karena jumlah pelanggan bertambah,” kata Syaiful menjelaskan.

Dia mencontohkan di unit pelayanan Desa Bajubang Laut, dimana kapasitas pompa air yang ada hanya dapat menampung 800 sambungan dengan kapasitas pompa 10 liter per detik.

Sementara saat ini sambungan atau pelanggan PDAM Tirta di daerah itu sudah mencapai 1.102 sambungan. (Ant)

Lihat juga...