Sandiaga : Siapapun Harus Ikuti Proses Hukum

Editor: Mahadeva WS

182
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno – Foto Lina Fitria

JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut, siapapun harus mengikuti seluruh prosesnya ketika harus bersinggungan dengan hukum. Tidak juga seorag gubernur ataupun seseorang yang memiliki jabatan tinggi boleh untuk tidak mengikuti proses hukum yang dikenakan kepadanya.

Pernyataan tersebut disampaikan orang nomor dua di Jakarta tersebut menyikapi pelaporan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke polisi oleh komunitas Cyber Indonesia karena melakukan penutupan jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penutupan tersebut dinilai menjadi perbuatan yang mengganggu fungsi jalan laporan. Laporan telah diterima oleh Polda Metro Jaya pada Kamis 22 Februari 2018 malam. “Tentu kita sebagai masyarakat harus ikuti proses hukum, harus hormati,” kata Sandiaga, Senin (26/2/2018).

Menurut Sandiaga, kebijakan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sudah sesuai dengak koridor hukum. Bahkan kebijakan tersebut diambil karena keinginan untuk berpihak kepada masyarakat khususnya pedagang kaki lima. “Kami (Pemprov) sudah lakukan semua dalam koridor hukum dan juga keberpihakan untuk menegakan keadilan,” ucapnya.

Sikap Sandiaga tersebut jauh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sebelumnya, ketika dimintai tanggapan mengenai laporan memilih untuk enggak mau berkomentar dan dia hanya melempar senyum saat media mengajukan pertanyaan.

Komunitas Cyber Indoensia melaporkan Anies Baswedan ke pihak kepolisian Polda Metro Jaya pada Kamis 22 Februari 2018. Laporan tersebut telah diterima polisi dengan nomor LP/955/II/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus. Pelapor menilai keputusan mantan Mendikbud itu mengakibatkan terganggunya fungsi jalan dan bertentangan dengan Pasal 12 Undang-undang No.38/2004 tentang Jalan dengan ancaman pidana 18 bulan atau denda Rp 1,5 milliar. Penutupan jalan untuk memfasilitasi pekerja kaki lima di Jalan raya di mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Baca Juga
Lihat juga...