Satpol PP Sikka Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Kota Maumere

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

296

MAUMERE — Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Sikka menertibkan semua alat peraga kampanye calon kepala daerah bupati dan wakil bupati Sikka serta calon gubernur dan wakil gubernur provinsi NTT yang selama sekitar setahun bertebaran di kota Maumere dan sekitarnya.

“Selama seminggu ini kami sudah melakukan penertiban semua alat peraga baik baliho, billboard, stiker, pamlet bahkan bendera yang bertebaran di kota Maumere dan sekitarnya sesuai permintaan dari Panitia Pengawas Pemilihan kabupaten Sikka,” ujar Kadis Satpol PP dan Damkar kabupaten Sikka Yosef benyamin,SH Rabu (28/2/2018).

Dikatakan Yosef, dalam penertiban yang dilakukan selama seminggu tersebut, pihaknya juga didampingi oleh petugas dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kabupaten Sikka yang juga memberikan arahan alat peraga yang perlu ditertibkan.

Ketua Panwaslih Sikka, Harun Al-Rasyid kepada media mengatakan, pihaknya telah mengimbau setiap pasangan calon baik kabupaten Sikka maupun provinsi NTT untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang sudah terpasang karena sudah memasuki masa kampanye.

“Selama masa kampanye, APK yang resmi hanya berasal dari KPUD Sikka sehingga setiap Paslon tidak diperkenankan memasang sendiri alat peraga. Titik-titik pemasangan alat peraga juga sudah ditentukan oleh KPU kabupaten Sikka,” sebutnya.

Ketua Panwaslih kabupaten Sikka Harun Al Rasyid (kiri) bersama anggota Panwaslih divisi Penanganan dan Penindakan, Aswan Abola,S.Sos.Foto : Ebed de Rosary
Ketua Panwaslih kabupaten Sikka Harun Al Rasyid (kiri) bersama anggota Panwaslih divisi Penanganan dan Penindakan, Aswan Abola,S.Sos.Foto : Ebed de Rosary

Karena sudah seminggu tahapan kampanye berjalan lanjut Harun, maka pihaknya meminta bantuan personel dari Satpol PP Sikka untuk menertiban semua alat peraga yang dipasang di kota Maumere dan sekitarnya. Menurut PKPU Nomor 4 Tahun 2017, APK yang disiapkan KPU berupa selebaran, brosur, baliho dan pamflet.

Baca Juga
Lihat juga...