Sumsel jadi Percontohan Proyek Energi Terbarukan

Ilustrasi - Lahan gambut di Indonesia. -Dok: CDN

PALEMBANG  – Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi percontohan proyek energi terbarukan melalui memanfaatkan lahan gambut oleh pihak Lembaga Penelitian Perancis.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Najib Asmani di Palembang, Senin, mengatakan, pemanfaaatan lahan gambut ini setelah beberapa waktu lalu lembaga peneliti Perancis bersama Badan Restorasi Gambut telah melakukan peninjauan ke lapangan.

Pihak peneliti tersebut menyatakan, potensi biomassa terutama di lahan gambut Sumsel cukup besar sehingga perlu dikelola.

Oleh karena itu dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan kerja sama dalam pengelolaan lahan gambut untuk dijadikan sumber energi terbarukan.

Yang jelas, lanjut dia, potensi pemanfaatan energi biomassa tersebut memang sudah diteliti lembaga penelitian CIRAD Perancis lebih dari empat tahun.

Namun bagi Sumsel bukan saja bermanfaat untuk sumber energi tetapi juga merupakan upaya restorasi lahan gambut di daerah ini.

Apalagi lahan gambut di Sumsel cukup luas sehingga perlu dikelola supaya lebih bermanfaat.

Menurut dia, bukan itu saja tetapi lahan gambut bila terbakar sulit untuk dipadamkan sehingga perlu direstorasi.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak boleh terjadi seperti pada 2015.

Selain merestorasi lahan gambut pihak Pemerintah Provinsi Sumsel juga melakukan kerja sama dengan mitra dalam mengelola lingkungan supaya tetap lestari.

“Pengelolaan lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi hijau itu melalui program lanskap,” tambah dia. (Ant)

Lihat juga...