Tekan Peredaran Narkoba, Polda Lampung Akan Bentuk Posko Baru

Editor: irvan Syafari

210
Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana, saat melakukan pemeriksaan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni /Foto: Henk Widi.

LAMPUNG — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Inspektur Jenderal Polisi Irjen Pol Suntana mengatakan, akan terus memperketat penjagaan di pintu keluar dan masuk Pulau Sumatera yang ada di Pelabuhan Bakauheni.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke area seaport interdiction Pelabuhan Bakauheni sebagai tempat pemeriksaan Polres Lampung Selatan.

Penambahan personil dan penambahan posko baru atas seizin PT ASDP Cabang Bakauheni dilakukan menekan penyelundupan narkotika. Distribusi narkotika dan obat obat berbahaya (narkoba) melalui Pelabuhan Bakauheni sebagian bisa digagalkan oleh personil Polres Lamsel melalui Pelabuhan Bakauheni.

“Saya mengunjungi area pemeriksaan narkoba di Pelabuhan Bakauheni, sekaligus memberikan apresiasi kepada anggota yang telah melakukan upaya menggagalkan penyelundupan narkotika sekaligus menangkap pelakunya,” ujar Kapolda Lampung saat dikonfirmasi sejumlah media di area Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Rabu (14/2/2018).

Suntana mengapresiasi anggota Polres Lamsel yang berhasil mengamankan distribusi narkoba jenis sabu, ganja dari Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa.

Terakhir, pada pekan kedua Februari, anggota Satnarkoba berhasil mengamankan 46 kilogram narkotika golongan I, jenis ganja melalui paket dalam kendaraan bus penumpang. Polres Lamsel tengah melakukan pengembangan kasus tersebut.

Menurut Suntana pembuatan posko baru tersebut untuk melengkapi fasilitas dan memberi rasa nyaman kepada anggota yang bertugas. Sebagai pintu terakhir distribusi narkoba, pihak Polda Lampung akan melakukan penambahan peralatan pemeriksaan narkoba yang akan diusulkan ke Bareskrim Mabes Polri.

Selain personil Sat Narkoba Polres Lampung Selatan juga dilengkapi dengan keberadaan polisi satwa (K-9) yang membantu polisi dalam memeriksa setiap kendaraan yang melintas.

Tambahan peralatan dan closed circiut television (CCTV) disebutnya akan menjadi fasilitas pengawasan berkoordinasi dengan pihak PT ASDP Cabang Bakauheni.

“Pengamanan narkoba memang sudah menjadi tugas kami, namun kami juga akan memberi penghargaan kepada anggota, yang berhasil mengamankan pelaku dan barang bukti narkoba,” beber jenderal bintang dua tersebut.

Suntana mengaku Polda Lampung juga telah memberikan punishment atau hukuman berupa pemecatan sebanyak 13 anggota polisi yang terlibat narkoba dan desersi. Sementara hadiah diberikan berupa penghargaan dan kesempatan melanjutkan pendidikan.

Selain upaya melakukan pengamanan pintu masuk dan keluar Pulau Sumatera jelang tahun baru Imlek Polda Lampung juga akan melakukan pengamanan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Ia menyebut sesuai kalender kamtibmas Polda Lampung liburan tahun baru Tionghoa tersebut terpantau lancar meski persiapan pengamanan tetap dilakukan di pelabuhan.

“Pengguna angkutan kapal laut berdasarkan data tidak banyak karena saat ini banyak yang menggunakan moda transportasi pesawat,” terang Irjen Pol Suntana.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.