Warga Sulsel Senang Dapat Sertifikat Tanah Gratis

490
Ilustrasi. Dok: CDN

MAKASSAR  – Salah seorang warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Dg. Mudji menyatakan merasa senang memperoleh sertifikat tanah gratis melalui Program Nasional Agraria.

“Alhamdulillah senang sekali,” kata Dg. Mudji yang ditemui pada Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Takalar, Sulsel, Kamis.

Dg. Mudji mengaku telah memiliki tanah tersebut sejak tahun 1983, naman karena keterbatasan akses dan biaya selama ini, sehingga ia tidak bisa mengurus sertifikat tanah miliknya.

“Alhamdulillah sekarang ini sudah ada sertifikat yang diurus secara gratis,” kata dia.

Senada dengan warga lainnya, Nurcaya yang juga berasal dari Kabupaten Takalar mengaku sangat senang tanah yang ia peroleh dari kedua orang tuanya akhirnya bisa disertifikatkan.

“Saya senang karena petugas BPN datang mengukur tanah saya pada Desember lalu, sekarang ada sertifikatnya, tidak ada bayar-bayarnya,” kata dia dengan dialek bahasa daerah setempat.

Rencananya, kata dia, sertifikat tersebut akan ia gunakan sebagai agunan untuk mengambil kredit di bank.

“Semoga bisa, jadi bisa untuk usaha,” ucapnya.

Pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat ini sebanyak 5.000 orang warga Sulsel memperoleh sertifikat tanah secara gratis. Para warga tersebut berasal dari Kabupaten Takalar sebanyak 1.500 orang, Bantaeng (1.000 orang), Bulukumba (1.000 orang), Jeneponto (800 orang), Gowa (650 orang), dan Kota Makassar (50 orang). (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...