990 Peserta Ambil Bagian dalam Popda NTB

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

375

MATARAM — Sejumlah cabang olahraga (Cabor) akan dipertadingkan dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan berlangsung pada 25 – 30 Maret mendatang.

Popda sendiri akan diikuti oleh ratusan pelajar seluruh kabupaten kota di NTB untuk memperebutkan berbagai Cabor yang akan dipertandingkan.

“Cabor yang dipertandingkan antara lain, Bola voli, bola basket, bulutangkis, pencak silat, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan dan sepak takraw, dengan jumlah peserta 990 orang peserta Deri kalangan pelajar se – NTB,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Husnanidiaty Nurdin di Mataram, Jum’at (16/3/2018).

Menurut Husnanidiaty, Popda NTB merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga prestasi yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan bagi para pelajar di NTB untuk mencari bibit atlet berkualitas.

Disamping itu Popda juga merupakan sarana tindak lanjut dari hasil pembinaan yang dilaksanakan mulai dari tingkat Sekolah, Klub Olahraga Pelajar, Kecamatan, dan tingkat kabupaten kota.

“Atlet pelajar terbaik yang terpilih melalui pertandingan atau seleksi tingkat sekolah atau antar Kecamatan akan menjadi Wakil kabupaten kota ke tingkat Provinsi,” katanya.

Sedangkan atlet terbaik dan potensial yang terpantau pada tingkat Provinsi, dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan di tingkat Regional atau Nasional.

Menurutnya, Popda NTB 2018 merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem pembinaan Olahraga secara Nasional.

Ketua Panitia Pelaksanaan Popda NTB, Anang Zulkarnaen memastikan pelaksanaan Popda akan bisa berlangsung sukses. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti venue tempat berlangsungnya, tempat penginapan para Atlet dan fasilitas kesehatan.

“Kami telah menyiapkan sejumlah venue untuk menggelar pertandingan dari masing-masing Cabor serta fasilitas pendukung lainnya, seperti tempat penginapan para Atlet dan tim serta fasilitas kesehatan,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...