Anies: Lintas Atas Bintaro Permai Diharapkan Urai Kemacetan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

276

JAKARTA — Jalan lintas atas (flyover) di Bintaro Permai sampai ke rel Kereta Api di Jalan Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang baru diresmikan, diharapkan dapat mengalirkan beban lalu-lintas dan mengurangi simpang sebidang yang dirasakan sering menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas.

“Alhamdulilah pada siang hari ini kita hadir bersama-sama menyaksikan peresmian penggunaan lintas atas Bintaro Permai rel kereta api di Jakarta Selatan,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Anies menjelaskan jalan layang tersebut bertujuan untuk menghilangkan persimpangan antara Jalan Bintaro Permai dan Jalan rel Jakarta ke Serpong. Dihilangkannya persimpangan sebidang jalan tersebut, untuk melancarkan arus lalu lintas dari Bintaro ke Pesanggrahan yang akan menuju ke Tanah Kusir, Pondok Indah dan sebaliknya.

“Dengan adanya lintas atas ini, sedikit demi sedikit dapat mengurai potensi kemacetan beberapa wilayah di Jakarta. Meningkatkan keselamatan berlalu lintas para pengguna jalan,” ujarnya.

Jalan layang sepanjang 391 meter dengan lebarnya 10 meter itu kini sudah bisa dilintasi oleh pengendara sepeda motor dari Tanah Kusir menuju Jalan Bintaro Permai maupun arah sebaliknya.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga meresmikan dua jembatan layang di Bintaro Permai dan Cipinang Lontar dengan panjang 542 meter lebar 13 meter.

Dengan adanya jalan layang, katanya, pergerakan kereta api commuterline bisa berjalan dengan lancar tanpa memiliki dampak kemacetan panjang.

“Karena kita ketahui makin intensif pergerakan kereta api apabila melewati lintas sebidang. Maka akan punya efek baik menghilangkan kemacetan dan mengurangi kecelakaan,” tuturnya.

Selain itu, pada lintas atas Bintaro Permai dan lintas atas Cipinang Lontar dilengkapi nuansa budaya Betawi pada bagian dinding pembatas atau parapet dengan motif Gigi Balang dan finishing pagar di atas lintasan kereta sebagai pengaman.

Terdapat pula taman di samping kanan dan kiri pada planter box dan di bawah lokasi lintas itu dibikin tetap asri dan indah. Lampu-lampu penerang jalan pun di desain dengan bermotif dan tiang bawah struktur dihiasi dengan lampu warna warni pada malam hari.

Namun, tidak hanya Lintas Atas Bintaro Permai, Lintas Atas Cipinang Lontar yang berlokasi di Jalan Bekasi Timur Raya, Cipinang, Jakarta Timur juga diresmikan. Pembangunan Lintas Atas Cipinang Lontar ini bertujuan untuk menghilangkan persimpangan sebidang antara Jalan Bekasi Timur Raya dan Jalan Rel Jakarta – Bekasi, serta mendukung jalur TransJakarta Koridor 11.

Selain peresmian dua lintas atas tersebut, dilaksanakan pula penandatanganan prasasti Lintas Atas Cipinang Lontar, Lintas Atas Bintaro Permai, Lintas Atas Pancoran Sisi Selatan, dan Lintas Bawah Kartini Lebak Bulus. Untuk Lintas Atas Pancoran Sisi Selatan dan Lintas Bawah Kartini Lebak Bulus telah diresmikan sebelumnya.

Sebelumnya, pernah terjadi kecelakaan antara truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dengan Kereta Rel Listrik (KRL) commuterline pada 9 Desember 2013 yang mengakibatkan 4 orang korban jiwa. Kejadian bermula sebuah mobil truk tangki menerobos palang kereta api Bintaro. Akhirnya gerbong depan kereta menabrak bagian badan truk dan terbakar lalu gerbong utama tempat masinis dan penumpang khusus wanita terguling.

Baca Juga
Lihat juga...