Azwa Narinda, Perenang Masa Depan Kulon Progo

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

407

WATES — Kabupaten Kulon Progo terus melakukan banyak pembenahan, termasuk di bidang olahraga. Lambat laun, mulai bermunculan atlet muda potensial dari kabupaten paling barat di DIY ini.

Salah satunya adalah Azwa Narindra Maharani. Murid kelas 6 SDN 4 Wates, Kulon Progo mengukir prestasi membanggakan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2018. Azwa yang baru berusia 12 tahun menyumbangkan dua medali emas dari cabang renang 100 dan 200 meter gaya kupu-kupu.

“Persiapannya sekitar dua bulan. Kebetulan juga ikut Pemusatan Latihan Kabupaten untuk Porda tahun depan,” ucap Azwa kepada Cendana News, Jumat (23/3/2018).

Menurut azwa, ia sebelumnya tidak pernah menduga akan meraih dua emas dari Popda. Selain menghadapi lawan yang cukup kuat dari Kota Yogya dan Sleman, ia juga harus bersaing dengan sesama anggota kontingen Kulon Progo yang lebih senior.

“Ada satu pesaing dari Kulon Progo yang juga duduk di SMP 1 Wates. Tapi ternyata saya bisa membawa pulang dua medali emas,” katanya sumringah.

Bakat Azwa di cabang olahraga renang memang sudah muncul sejak belia. Di usia TK, Azwa sudah ikut berlatih renang meski hanya renang biasa. Baru sejak duduk di kelas 3 SD, Azwa mulai serius berlatih di Kolam Renang milik UNY di Kampus Wates.

Kini, perjuangan kerasnya membuahkan hasil. Dua medali emas yang diraihnya merupakan puncak dari dua kali percobaan sebelumnya di ajang yang sama. Azwa pertama kali menjadi bagian kontingen Kulonprogo di ajang Popda pada 2016 silam. Di tahun pertamanya, putri pasangan Suharyanto SE dan Budiyanti, belum bisa berbicara banyak.

Di tahun keduanya, pada 2017, putri pertama dari dua bersaudara ini mulai unjuk kemampuan. Ia menyabet medali perak 200 meter gaya kupu-kupu dan perunggu 100 meter juga dari gaya kupu-kupu. Keberhasilan itu membuat tekadnya kian kuat. Azwa semakin semangat berlatih demi mengejar cita-citanya menjadi juara dunia.

Selepas Popda, Azwa mulai menatap kejuaraan yang lebih tinggi lagi. “Agustus nanti ada Popnas di Kalimantan Timur. Biasanya yang dipakai acuan untuk Popnas dari hasil Popda. Mudah-mudahan bisa meraih hasil maksimal,” harap atlet yang mengidolakan perenang nasional Riyadi Fauzi itu.

Sri Sugiarti M.Pd
Sri Sugiarti M.Pd, Kepala SDN 4 Wates. Foto: Sodik

Kepala SDN 4 Wates, Sri Sugiarti M.Pd mengaku bangga dengan prestasi yang diraih siswanya. Di sisi lain, prestasi ini menjadi tantangan untuk melahirkan atlet penerusnya.

“Azwa memang cukup aktif, hampir semua bidang dia terlibat walau pun yang cukup menonjol di renang. Kami bangga murid kami bisa ikut mengharumkan Kulon Progo,” katanya.

Data Diri

Nama : Azwa Narindra Maharani
Usia : 12 tahun
Sekolah : SDN 4 Wates, Kulonprogo
Prestasi:
– 2016 Juara Umum OSN Kulon Progo
– 2016 4 Perak OSN tingkat Provinsi
– 2017 1 perak 1 perunggu Popda DIY cabor renang
– 2018 2 medali emas Popda DIY cabor renang

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.