Bambang Soesatyo: Hubungan DPR-KPK Semakin Membaik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

349

JAKARTA —- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo atau yang akrab dipanggil Bamsoet menyebutkan, sejak pertamakali dilantik sebagai Ketua DPR RI, dirinya berharap agar hubungan antara DPR dengan KPK yang selama ini “panas dingin” berangsur-angsur mencair atau membaik.

“Sejak dilantik, saya mencoba berkoordinasi dengan Pimpinan KPK, salah satunya untuk memperbaiki hubungan yang sebelumnya sempat renggang, selain itu kita juga meningkatkan kerjasama dengan KPK, alhamdulilah hubungan antara kedua institusi tersebut saya rasa semakin membaik, mudah-mudahan ke depannya terus membaik” jelasnya saat di Gedung KPK Jakarta, Senin (12/4-2018)

Kedatangan Bamsoet dalam rangka menghadiri undangan acara “KPK Mendengar” yang diselenggarakan di Gedung KPK Jakarta.

Menurut Bamsoet, dirinya tentu saja tidak menginginkan citra DPR sebagai wakil rakyat terus memburuk di mata masyarakat dan sering mendapatkan kritik, salah satunya karena hubungannya dengan KPK yang kurang harmonis.

Menurutnya, salah satu hal pokok yang harus diperbaiki untuk mengembalikan hubungan baik antara KPK dengan DPR adalah masalah Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket. Bamsoet mengiginkan agar kesimpulan terkait hasil Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK dapat berjalan dengan baik atau sesuai dengan yang diharapkan.

Bamsoet berharap Pansus Hak Angket segera diselesaikan, sehingga ke depan tidak ada lagi ganjalan atau rintangan yang mempengaruhi hubungan baik antar kedua lembaga Pemerintah tersebut.

“Pada prinsipnya DPR hingga saat ini masih tetap berkomitmen untuk terus mendukung kinerja KPK, khususnya dalam hal pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Penanganan kasus perkara korupsi di Indonesia tentu saja tidak bisa hanya dilakukan oleh KPK saja, melainkan juga semua elemen masyarakat, termasuk di antaranya juga wakil rakyat yang ada di parlemen” pungkas Bamsoet.

Sementara itu Ketua KPK Agus Rahardjo saat jumpa pers mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih dan mengapresiasi tetkait langkah-langkah yang diambil Pimpinan DPR dalam rangka memperbaiki hubungan atau koordinasi antara kedua lembaga tersebut. Dirinya berharap bahwa hubungan atau kerjasama yang semakin baik tentu saja akan memperkuat semangat pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca Juga
Lihat juga...