Bekraf Ajak Pengusaha Kuliner Mendunia Lewat FSI

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

288

BANJARMASIN — Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengajak pebisnis kuliner lokal untuk mengembangkan usahanya hingga mendunia melalui program Food Startup Indonesia (FSI) 2018.

Menurut Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, melalui even FSI 2018, memungkinkan pebisnis kuliner lokal mendapatkan berbagai keuntungan.

“Jadi nanti pebisnis kuliner lokal yang bisnisnya sudah berjalan bisa mendaftar di FSI 2018 secara online. Disana nanti kita akan lihat kira-kira pebisnis kuliner mana saja yang produknya potensial untuk dikembangkan,” jelasnya di sela kegiatan sosialisasi FSI 2018, Selasa (6/3/2018) di Swiss Belhotel Borneo Banjarmasin.

Setelah diseleksi menjadi 100 startup kuliner, para pebisnis yang terpilih dari seluruh Indonesia ini akan dibina oleh Bekraf untuk mengikuti program FSI 2018. Adapun pembinaan sendiri di antaranya bantuan pengembangan packing, legalitas usaha, mencari distributor pendukung hingga bantuan membuat persentasi untuk ditawarkan kepada investor.

“Jadi nanti dikegiatan terakhir FSI kita biasanya akan memberikan panggung persentasi bagi pengusaha kuliner kepada berbagai investor yang kita undang dalam acara gathering. Disana lah nanti kesempatan mereka untuk meyakinkan para investor agar mau tertarik bekerjasama,” tambahnya.

Even FSI sendiri kurang lebih dua tahun berjalan, dimulai sejak tahun 2016 lalu dan kini berlanjut kembali pada 2018. Dari even FSI sendiri sudah ada sekitar 2.005 pebisnis kuliner start up yang berpartisipasi dengan sekitar 150 pelaku usaha yang sudah Bekraf bina.

“Kami berharap di tahun ini ada beberapa pelaku usaha kuliner di Kalsel yang bisa lolos di FSI 2018 dan dibina oleh Bekraf. Hal tersebut karena kami melihat potensi bisnis kuliner sangat menjanjikan, jadi tentu pasti ada pelaku usaha kuliner yang juga potensial disini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banjarmasin Hairian Murwandi mengapresiasi banyaknya even bertema kewirausahaan nasional yang diselenggarakan di Kota Banjarmasin sekarang.

Hal ini menurutnya dapat menjadi sebuah kesempatan bagi pelaku usaha lokal untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnisnya ke pasar yang lebih luas lagi.

“Saya pikir sudah banyak sebenarnya pengusaha lokal kita yang usahanya layak untuk dikembangkan ke pasar yang lebih luas. Nah melalui even kewirausahaan nasional yang diadakan di Banjarmasin tentunya bisa menjadi salah satu jalan bagi mereka untuk mewujudkannya,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...