banner lebaran

Belum Semua Sungai di Padang Terlihat Bersih

Editor: Koko Triarko

246

PADANG — Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mengatakan sungai-sungai yang ada di Kota Padang, masih tergolong kotor, terutama di bagian muara sungai.

Ia mengaku meski di bagian hulu sungai di Kota Padang terbilang bagus, tetapi persoalannya sampah-sampah masih terlihat mengapung di sejumlah aliran sungai.

“Saya rasa Pemerintah Kota Padang perlu untuk serius dalam hal kebersihan sungai. Tidak hanya di lokasi wisata, tapi di setiap daerah aliran sungai,” sebutnya, Rabu (28/3/2018).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin/Foto: M. Noli Hendra

Ia menyatakan, salah satu muara kini masih terlihat belum begitu terurus ialah Muaro Padang. Selain sampah, bangkai kapal, bangun roboh, masih terlihat di sepanjang Muaro Padang.

Menurutnya, Muaro Padang yang sangat berdekatan dengan wisata Gunung Padang, sangat perlu keseriusan Pemerintah Kota Padang untuk membersihkan Muaro Padang. Supaya keindahan di daerah tersebut benar-benar terlihat.

“Sedangkan sungai-sungai lain,  juga perlu ditangani. Karena sungai-sungai yang ada di Kota Padang juga mejadi sumber kebutuhan bagi masyarakat,” ucapnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin, mengatakan, saat ini dari lima daerah aliran sungai, hanya Muaro Padang yang masih belum optimal untuk dilakukan pembersihan.

Sedangkan untuk sungai-sungai lainnya, tidak ada tercemar akibat sampah. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup juga telah memasang jaring untuk menghambat sampah untuk masuk ke laut.

“Saya rasa Bapak Wakil Gubernur perlu meninjau sejumlah sungai-sungai di Padang ini. Karena sungai di Padang, hanya muara yang perlu untuk dibersihkan, dan yang lainnya aman, kok,” tegasnya.

Al Amin menyatakan bukti, sungai-sungai di Padang tidak tercemar, di bagian Sungai Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, disebut memiliki rasa yang enak diminum.

Untuk itu, ia menegaskan Pemerintah Kota Padang sangat serius membenahi sungai-sungai dari sampah-sampah yang mengapung tersebut.  “Kita juga mempunyai sampan untuk mengutip sampah-sampah yang ada di sungai,” ujarnya.

Sampah-sampah yang banyak di Sungai Kota Padang itu, akibat dari masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sehingga sungai seakan menjadi bak sampah masyarakat. Padahal, Dinas Lingkungan Hidup telah menyampaikan sejumlah kontainer untuk menampung sampah masyarakat.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.