BIMP-EAGA 2018 Pertandingkan Delapan Cabang Olahraga

221
Ilustrasu BIMP-EAGA - Foto: Istimewa

MAKASSAR – Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) siap mempertandingkan delapan cabang olahraga. Kompetisi tersebut akan digelar di Bandar Seri begawan, Brunei Darussalam, 7-12 Desember 2018.

Chairman BIMP-EAGA Jufri Rahman di Makassar, Sabtu (3/3/2018) mengatakan, delapan cabang olahraga yang telah disepakati bersama itu masing-masing pencak silat, atletik, karate, boling padang, sepak takraw, tekwondo, wushu dan lawn bowling.

“Sesuai kesepakatan bersama, maka kita putuskan mempertandingkan sebanyak delapan cabang olahraga. Untuk pertandingan di BIMP-EAGA ini memang menarik karena untuk cabang bela diri, hanya memperlombakan kategori jurus atau seni,” katanya.

Untuk cabang karate, pencak silat, taekwondo wushu semuanya tidak akan menghadirkan pertarungan. Kompetisi hanya dilakukan di nomor jurus, kata TGR di seni pencak silat dan poomsae untuk cabang taekwondo.

Tuan rumah disebut Jufri, sudah bersiap untuk menggelar ajang rutin dua tahunan tersebut. Para peserta bisa lebih fokus untuk persiapan demi meraih hasil maksimal. “Sesuai informasi dari pihak penyelenggara mengatakan sudah siap. Bahkan mereka juga menantang kami untuk mendatangkan atlet lebih banyak dan bersaing di ajang tersebut,” kata mantan kepala Dinas Pariwisata Sulsel tersebut.

Sementara itu, Kontingen Sulawesi Selatan meraih gelar juara umum pada ajang BIMP-EAGA ke-9 di Samarinda, Kalimantan Timur. Kontingen Sulawesi Selatan berada di peringkat pertama perolehan medali BIMP-EAGA yang ditutup secara resmi pada Sabtu (3/3/2018) malam di gedung Lamin Etam, Kantor Gubernur Kaltim. Sulsel membawa pulang 19 emas, 10 perak dan 9 perunggu.

Dominasi kontingan Sulawesi Selatan dengan kekuatan 161 atlet tersebut cukup terlihat pada awal pelaksanaan pertandingan. Di sejumlah cabang olahraga Sulsel yang menurunkan sejumlah atlet PON berhasil meraih target juara. Tuan rumah Kaltim harus puas finis di urutan kedua dengan raihan 15 emas, 22 perak dan 19 perunggu. Sementara peringkat ketiga diduduki kontingen Sarawak, Malaysia dengan 6 emas, 3 perak dan 1 perunggu. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...