banner lebaran

Cahyo: Almarhum Probosutedjo Sangat Dekat Secara Batin dengan Ayahnya

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

451

YOGYAKARTA — Sesuai wasiat semasa hidupnya, Alm Probosutedjo yang merupakan adik Presiden kedua RI HM Soeharto, akan dimakamkan tepat di samping ayahnya di makam Somenggalan, Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Wasiat almarhum yang ingin dimakamkan tepat disamping ayahnya itu tidak terlepas dari kedekatan hubungan antarkeduanya. Meski telah ditinggal sejak umur 14 tahun, Alm Probosutedjo diketahui begitu dekat secara batin dengan ayahnya itu.

“Almarhum setiap tahun selalu datang ke sini untuk nyekar di makam ayahnya. Yakni setiap bulan-bulan Ruwah. Almarhum sering berpesan agar saat meninggal kelak dapat dimakamkan di dekat ayahnya,” ujar Cahyo Gunawan yang merupakan keponakan sekaligus anak angkat Probosutedjo, Senin.

Diceritakan Cahyo, Alm Probosutedjo sendiri sudah ditinggalkan ayahnya sejak umur 14 tahun, yang meninggal karena dieksekusi oleh tentara Belanda pada masa Agresi Militer Belanda ke II.

“Saat peristiwa itu beliau masih berumur 14 tahun. Beliau diminta pergi menjauh oleh ayahnya, (karena ada tentara Belanda yang datang). Baru melangkah sekitar 200-300 meter. Beliau mendengar suara tembakan. Ternyata bapaknya ditembak oleh Belanda hingga tewas,” tuturnya.

Menurut Cahyo, terakhir kali Almarhum datang ke Kemusuk adalah pada tahun 2017 lalu. Seperti biasanya almarhum selalu menyempatkan diri untuk berziarah atau nyekar ke makam ayahnya di makam Somenggalan.

Cahyo Gunawan
Cahyo Gunawan yang merupakan keponakan sekaligus anak angkat Probosutedjo. Foto: Jatmika H Kusmargana

Pesan Terakhir Alm Probosutejo

Menurut keponakan sekaligus anak angkat Probosutedjo, Cahyo Gunawan, semasa hidup almarhum selalu berpesan kepada ke seluruh anggota keluarga besar, termasuk dirinya agar senantiasa mengingat dan mendoakan para leluhur.

Tak hanya itu almarhum dikatakan juga kerap berpesan kepada anak cucu maupun kerabat agar dapat menjaga nama baik keluarga.

“Beliau juga sering berpesan agar kita bisa senantiasa menjaga nama baik keluarga,” katanya.

Selain dikebumikan di dekat Ayahnya yakni Alm Atmopawiro, jenazah Alm Probosutedjo juga akan berada satu kompleks makam dengan sejumlah kerabat dan leluhurnya di makam Somenggalan. Termasuk di antaranya esepuh sekaligus pendiri dusun Kemusuk, Argomulyo, Kyai Wongsomenggolo.

“Beliau merupakan sesepuh yang pertamakali babat alas dan mendirikan desa ini. Beliau asli Majapahit. Alm Probosutedjo masih memiliki garis keturunan Kyai Wongsomenggolo. Yakni turunan ke-7,” katanya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.