banner lebaran

Damandiri Garap 4 Bidang Pemberdayaan Warga Desa Krambilsawit

Editor: Koko Triarko

204

YOGYAKARTA – Setelah ditetapkan sebagai Desa Mandiri Lestari ke-4 di DIY, Desa Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, mendapatkan berbagai program bantuan dari Yayasan Damandiri.

Berbagai program bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pemberdayaan, meliputi empat bidang, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan ekonomi. Di bidang lingkungan, setidaknya 30 warga kurang mampu mendapatkan program bedah rumah.

Rumah-rumah warga yang tidak layak huni direnovasi dengan bantuan senilai Rp15-25 juta. Tak hanya direnovasi, setiap rumah juga dibuatkan warung usaha, untuk menopang ekonomi mereka. Yakni, dengan pemberian modal usaha senilai Rp5 juta per rumah.

Di bidang pendidikan, sebanyak 14 Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelompok Belajar (KB) diberikan bantuan berupa penambahan Alat Peraga Edukatif (APE) luar dan dalam, untuk menopang kegiatan belajar-mengajar. Setiap guru atau pendidik juga diberikan pelatihan/diklat kependidikan, agar kemampuan mereka meningkat.

Di bidang kesehatan, setidaknya 9 kelompok Posyandu di Desa Krambilsawit diberi bantuan perlengkapan seperti timbangan digital, hingga alat pengukur tinggi badan.

Para kader posyandu juga ditingkatkan kemampuannya dengan diikutkan sejumlah pelatihan. Untuk menopang gizi warga, baik lansia maupun balita, sejumlah bantuan makanan tambahan juga diberikan di setiap pertemuan kegiatan.

Sementara itu di bidang ekonomi, sejumlah program pemberdayaan diberikan melalui pendirian Koperasi Unit Desa (KUD) Sehat Hijau Sejahtera Mandiri Krambilsawit. Melalui KUD inilah sejumlah program bantuan digulirkan.

Salah satunya, adalah program bantuan Gerobak Rakyat Damandiri. Sebanyak 50 gerobak usaha diberikan Yayasan Damandiri kepada KUD untuk dipinjamkan secara bergulir kepada warga desa Krambilsawit dengan kondisi ekonomi lemah.

Tak hanya diberikan pinjaman gerobak usaha, warga juga diberikan bantuan modal usaha dalam bentuk barang dagangan senilai Rp1,7 juta per orang.

“Bantuan gerobak usaha ini total ada 50 unit. Nanti yang mengelola sepenuhnya adalah koperasi,” ujar Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Krambilsawit, Antono Putra, di sela peresmian Desa Mandiri Lestari Krambilsawit di balai desa setempat, belum lama ini.

Selain program Gerobak Rakyat, program bantuan di bidang ekonomi juga diberikan lewat pengguliran dana pinjaman modal usaha lewat pendirian Unit Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja), sebagai salah satu unit usaha KUD SHS Mandiri Krambilsawit.

Dana senilai Rp2 miliar disalurkan Yayasan Damandiri, melalui KUD dan unit Tabur Puja, untuk nantinya dipinjam sebagai modal usaha bagi warga kurang mampu.

Setiap warga kurang mampu dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui kelompok dengan jumlah anggota 50-100 orang, dengan nilai pengajuan pinjaman maksimal Rp2 juta per orang.

Melaui pinjaman modal usaha Unit Tabur Puja ini, diharapkan warga kurang mampu di Desa Krambilsawit dapat memulai usaha untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.