Dilatih Wirausaha, Siswa SMK Buat Kerajian di Lobby Hotel

Editor: Mahadeva WS

340

MALANG — Sekolan Menengan Kejuruan (SMK) PGRI 3 Malang latih anak didiknya untuk menjadi wirausaha. Upaya tersebut dilakukan dengan mengajak para siswa untuk menggelar demonstrasi membuat kerajinan batik dan topeng malangan di lobby hotel.

Program SMK potensial yakni mengembangkan kewirausahaan sekitar dengan berbasis muatan lokal atau produk lokal tersebut dilakukan dengan menggandeng Swiss-belinn. “Kebetulan kalau SMK PGRI 3 Malang mendapatkan kepercayaan untuk mengembangkan program tersebut dan ada lima jenis yang kita kembangkan yang salah satunya yakni kerajinan batik dan topeng,” jelas Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang, Lukman Hakim, Sabtu (10/3/2018).

Dengan program tersebut, siswa diharapkan mendapatkan kesempatan untuk memupuk jiwa kewirausahaan. Bagi siswa yang masih bersekolah, kegiatan tersebut akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Sementara bagi siswa yang sudah selesai menempuh pendidikan, pengalaman tersebut dapat menjadi modal untuk membuka usaha.

Perwakilan manajemen Swiss-belinn Erwinda Moonica mengatakan, kerjasama dengan SMK PGRI 3 Malang memiliki tujuan memperkenalkan budaya Malang kepada tamu-tamu yang menginap di Swiss-belinn Malang. Selain melihat secara langsung cara pembuatan kerajinan tangan batik dan topeng Malang, tamu juga dapat ikut belajar membuat kerajinan tangan tersebut di area lobby hotel.

“Hal ini dimaksudkan untuk menambah point of interest di Swiss-belinn Malang supaya tamu tidak hanya datang untuk menginap, tetapi juga menambah wawasan mengenai budaya Malang,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...