Dirjen: Fasilitas Gedung Asrama Haji Padang Setara Hotel Bintang Empat

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

775

PADANG — Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama RI, Nizar Ali menyebutkan, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji dan umroh, pihaknya melakukan revitalisasi seluruh asrama haji diseluruh Indonesia, termasuk yang ada di Padang, Sumatera Barat.

“Jadi, setelah dilakukan revitalisasi terhadap seluruh asrama haji. Kementerian Agama akan meningkatkan dari segi manajemennya. Jika manajemen bagus maka akan terlihat dari pelayanan kepada publik yang diberikan,” ujarnya di sela-sela peresmian gedung revitalisasi asrama haji Tabing, Rabu (7/3/2018).

Menurutnya, ada berapa langkah pada tahun 2018 ini Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan optimal bagi jemaah. Yaitu, pelayanan dalam negeri dan luar negeri. Pelayanan dalam negeri itu salah satunya dengan pelayanan di asrama haji. Baik dari manasik haji, keberangkatan ke tanah suci hingga pemulangan jemaah kembali ke asrama.

“Gedung Asrama Haji Padang ini fasilitasnya setera dengan hotel berbintang empat. Hal ini perlu kita lakukan, untuk memberikan kenyamanan bagi calon jemaah haji,” jelasnya.

Disebutkan, fasilitas yang tersedia dimana di dalam ruang tempat tidur terdapat pendingin ruangan, televisi dan lemari dengan suasananya terasa nyaman, setera dengan bintang empat.

Ia juga menambahkan, selain dari nilai religius dan modern asrama haji ini, juga ada nilai lokal yang terdapat di bangunannya yakni bangunan khas daerah masing-masing.

Adapun, layanan luar negeri katanya, terkait dengan akomodasi, kosumsi dan transportasi saat berada di tanah suci menunaikan ibadah.

“Kita akan terus melakukan peningkatan terus layanan haji dan umroh bagi masyarakat,” ulasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, adanya revitalisasi embarkasi haji ini merupakan langkah yang terbaik dalam memberikan layanan kepada jemaah.

Nizar Ali
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama RI, Nizar Ali (tengah) memberikan keterangan pers dan didamping oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Kepala UPT Embarkasi Haji Ali Amran/Foto: M. Noli Hendra

Apalagi, Sumbar menjadi pusat untuk memberangkatkan jemaah haji dari daerah lain, tidak hanya Sumbar tetapi juga Bengkulu.

“Jadi, selain mengangkat nama baik Sumbar tetapi juga berdampak kepada pergerakan ekonomi Sumbar,” pungkasnya.

Irwan juga mengapresiasi Embarkasi Haji Padang yang meraih peringkat pertama untuk pelayanan haji secara tingkat nasional. Menurutnya, dengan adanya penghargaan akan mampu terus meningkatkan pelayanan dari waktu ke waktu.

“Jika dari sisi pelayanan telah dinilai terbaik, maka berbagai halnya akan bisa mengikut dan mendapat perhatian yang lebih pula hendaknya,” harapnya.

Sementara itu Kepala UPT Embarkasi Haji Padang Ali Amran menambahkan ada empat paket kelanjutan revitalisasi yang telah selesaikan dikerjakan. Pertama gedung yang juga telah dimanfaatkan oleh jemaah haji, kedua pagar, dapur umum, dan selanjutnya pembangunan masjid.

“Saat ini yang amat kami inginkan ialah adanya anggaran yang bisa menyelesaikan pembangunan masjid yang ada di lingkungan Asrama Haji Padang,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...