banner lebaran

Disdag dan BPOM NTB Sidak Pasar Swalayan Jelang Ramadan

Editor: Irvan syafari

304

MATARAM — Guna memastikan pasar swalayan (supermarket) dan pasar moderen yang beroperasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) aman dan bebas dari produk makanan kadaluarsa jelang memasuki bulan puasa Ramadan, yang sebentar lagi akan tiba.

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Perdagangan (Disdag) NTB melakukan inspeksi mendadak ke setiap supermarket, melakukan pengecekan makanan yang dijual.

“Hari ini kita melakukan sidak untuk memastikan produk makanan yang dijual aman dan tidak kadaluarsa” kata Kepala Disdag NTB, Hj Putu Selly Andayani saat melakukan sidak di Pasar Swalayan Hero di Mataram Mall Mataram, Kamis (29/3/2018).

Dikatakan, selain memeriksa produk makanan yang terpajang di semua gerai, pihaknya juga mengecek gudang tempat pengepakan dan penyimpanan barang yang sampai dari luar daerah.

Selly mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, tidak ditemukan produk makanan kadaluarsa. Ia pun meminta masyarakat supaya jadilah konsumen yang cerdas.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) NTB, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih mengatakan, sidak bersama juga dilakukan menyusul adanya pemberitaan dan sejumlah video yang viral tentang penemuan cacing di dalam sarden ikan makarel kemasan kaleng.

“Sebagai langkah antisipasi saja, makanya kita lakukan sidak di sejumlah supermarket dan pasar moderen dan sejauh ini memang, belum ada ditemukan,” katanya.

Ia pun meminta masyarakat juga perlu memperhatikan kemasannya dalam kondisi utuh, baca informasi pada label, pastikan memiliki izin edar dari BPOM RI, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.