Disdag NTB: Harga Cabai Naik Murni Faktor Cuaca

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Ilustrasi-Foto: Dokumentasi CDN.
302

MATARAM — Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan, terjadinya kenaikan harga cabai di sejumlah pasar tradisional murni karena faktor cuaca yang mengakibatkan banyak tanaman petani mengalami gagal panen.

“Bukan karena ada mafia, harga cabai naik, murni karena faktor cuaca, dimana banyak tanaman cabai petani rusak, sehingga stok sedikit, akibatnya harga mahal,” kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Disdag NTB, Ruslan, Selasa (13/3/2018).

Ia mengatakan, harga cabai sendiri mengalami kenaikan semenjak bulan februari 2018, dimana pada Minggu pertama bulan februari harga di pasar tradisional mencapai 30 ribu, selanjutnya minggu kedua 60 ribu, minggu ketiga 70 ribu dan Minggu keempat 71 ribu rupiah.

Sementara untuk bulan Maret, minggu pertama, harga 73 ribu, minggu kedua 76 ribu dan sampai sekarang harga cabai tembus 80 ribu dan sekali lagi itu terjadi kelangkaan.

“Sebab Satuan Tugas (Satgas) pangan selama ini telah bekerja luar biasa melakukan pengawasan dan memastikan stabilitas harga tetap terjaga serta mengawasi terjadinya pelaku mafia, dari tingkat daerah sampai tingkat pusat,” katanya.

Ruslan mengatakan, mengatasi masalah kelangkaan tersebut, Pemda NTB telah mengupayakan mendatangkan cabai dari luar antar pulau, agar bisa stabil.

ruslan
Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Disdag NTB, Ruslan/foto : Turmuzi

Mengingat masalah kebutuhan cabai harus tetap terpenuhi di daerah NTB, selain untuk mencukupi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga kebutuhan rumah makan, restoran maupun perhotelan.

Murni, salah satu pedagang cabai pasar tradisional Pagesangan, Kota Mataram mengatakan, kenaikan harga memang telah berlangsung semenjak satu bulan terahir.

Tingginya curah hujan, membuat sebagian besar tanaman cabai mengalami kerusakan dan membusuk.

“Satu kilo cabai segar sekarang 80 ribu, karena stok cabai terbatas, kalau sedang normal, harga cabai biasanya 20 hingga 25 ribu rupiah,” terangnya.

Baca Juga
Lihat juga...