banner lebaran

Disnakertrans NTB Gandeng Global Al Wakil Latih Calon TKI

Editor: Irvan Syafari

429

MATARAM — Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama PT Global Al Wakil jalin kerjasama peningkatan kapasitas dan keterampilan Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) melalui pendidikan dan pelatihan.

Selain keterampilan, dalam menjalani pendidikan, para CTKI nantinya juga akan dibekali dengan kemampuan bahasa, terutama bahasa Inggris, termasuk budaya dan adat istiadat negara penempatan tenaga kerja.

“NTB selama ini merupakan salah satu daerah pengirim Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbesar di Indonesia. Meski demikian dari sisi nilai tawar kebanyakan TKI asal NTB yang bekerja di luar negeri masih rendah” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, H Wildan, Rabu (28/3/2018).

Ia mengatakan, kebanyakan TKI asal NTB masih bekerja sebagai pekerja non formal, seperti perkebunan, buruh bangunan termasuk pembantu rumah tangga (PRT).

Karena itulah, melalui kerjasama ini nantinya, CTKI benar-benar telah siap baik dari sisi keterampilan dan bahasa, sehingga bisa ditempatkan sebagai pekerja formal di negara tujuan.

“Dari sisi penghasilan CTKI yang memiliki keterampilan juga jelas akan lebih tinggi dibandingkan CTKI yang tidak memiliki skill,” katanya.

Perwakilan Global Al Wakil Indonesia, Aulia Febrina, masalah skill merupakan salah satu syarat utama bisa menempatkan pekerja Indonesia terutama asal NTB bisa bekerja di sektor formal.

Karena itulah, mempersiapkan skill bagi CTKI merupakan sebuah keharusan, supaya bisa memiliki daya saing di negara penempatan. NTB sendiri memiliki banyak Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mencetak tenaga terampil, tapi sedikit sekali yang berstandar internasional.

“Global Al Wakil, selain berkerja sama dengan Pemda NTB membekali CTKI dengan keterampilan, juga akan mempelajari bagaimana budaya dan adat istiadat negara yang akan menjadi tujuan penempatan,” ujar Aulia.

Mengenai biaya pelatihan peserta sendiri akan ditanggung Global Al Wakil. Yang paling penting, Global Al Wakil juga telah menjalin kerja sama dengan negara yang akan menjadi negara penempatan CTKI pasca mengikuti pendidikan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.