Distan Jayapura Dorong Wisata Kebun Sagu

323
Ilustrasi kebun sagu/Foto: Dokumentasi CDN.

JAYAPURA — Dinas Pertanian (Distan) Kota Jayapura, Provinsi Papua mendorong wisata kebun sagu pada dua kampung di kota itu, yakni Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, dan Koya, Distrik Abepura.

“Tahun ini kami orientasinya mendorong wisata kebun sagu,” kata Kepala Distan Kota Jayapura Jean Hendrik Rollo, di Jayapura, Minggu (4/3).

Jean menjelaskan wisata kebun sagu itu akan ditata seperti hutan kelapa sawit, antara pohon sagu yang satu dengan pohon sagu lainnya diintegrasikan dengan kolam/sungai buatan.

Dengan demikian, kata Jean, jika panen maka batang sagu bisa didorong melewati air kolam yang dibuat di sela-sela pohon sagu.

Selain itu, ketika mendorong batang sagu itu, satu orang dibayar Rp25 ribu, jelas yang lainnya bisa juga mendapatkan bagian uang.

Menurutnya, muncul nilai seni di situ, yaitu orang yang masuk ke kawasan kebun sagu tidak menemui orang tokok/pangkur saja, tetapi menemukan ada orang mendorong batang sagu melalui sungai buatan.

“Orang yang masuk di kawasan wisata kebun sagu itu juga bisa melihat orang sedang mandi-mandi di sungai buatan di sela-sela pohon sagu,” ujarnya lagi.

Ia menambahkan, rancangan kawasan kebun satu itu sementara didorong oleh Dinas Pertanian Kota Jayapura (Ant).

Baca Juga
Lihat juga...