Distan Kalbar Perkuat Perencanaan Pertanian

253
Ilustrasi -Dok: CDN

PONTIANAK – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat, memperkuat perencanaan pertanian, khususnya di sub sektor tanaman pangan dan hortikultura melalui forum koordinasi perangkat daerah di lingkugan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Melalui forum yang rutin digelar tiap tahun ini, perencanaan pertanian, khususnya untuk 2019 sinergis dari berbagai pihak yang terkait di sub sektor tanaman pangan dan hortikultura,” ujar Kadistan TPH Kalimantan Barat, Heronimus Hero, Kamis (1/3/2018).

Di mangatakan, dari kementerian, provinsi dan kabupaten atau kota di Kalbar sejalan untuk memperkuat kemajuan pertanian setempat.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan pertanian bukan hanya terpaku pada dinasnya, namun pihak lain seperti dinas pekerjaan umum yang menyediakan infrastruktur pertanian berupa jalan dan irigasi serta lainnya, Bapedda yang berkaitan perencanaan makro pembangunan daerah dan pihak lainnya.

“Sehingga forum koordinasi perangkat daerah ini sangat penting kita laksanakan. Semua persoalan dan masukan bisa disampaikan di forum tersebut,” jelas dia.

Menurutnya, keluaran dari forum tersebut juga akan menjadi bahan dalam Musrembang untuk dijadikan acuan dan tujuan pembangunan khususnya di sektor tanaman pagan dan hortikultura.

“Apa yang akan direncanakan dan akan dijadikan prioritas pembangunan di dua sektor tersebut akan kembali menyesuaikan anggaran yang ada,” papar dia.

Ia berharap, setiap daerah terus melakukan pengembangan dan pembangunan di pertanian, sehingga ke depan Kalimantan Barat soal pangan tidak menjadi masalah atau ancaman serius bagi daerah ini.

“Semua pihak juga terus berperan termasuk petani itu sendiri. Pangan harus kita maksimalkan,” jelasnya.

Baca Juga
Lihat juga...