Distan Mukomuko Berharap Peremajaan Sawit 3.000,98 Hektare

294
Perkebunan sawit - Dok. CDN

MUKOMUKO – Tahun ini, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendapat jatah peremajaan pohon kelapa sawit dari pemerintah pusat seluas 3.000 hektare. Namun, dinas pertanian setempat berharap dan telah mengusulkan agar penambahan peremajaan menjadi 3.000,98 hektare.

“Kami telah sampaikan data luas lahan perkebunan kelapa sawit untuk diusulkan mendapat program peremajaan tanaman kelapa kepada pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi setempat,” kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Budi Yanto di Mukomuko, Rabu (14/3/2018).

Ia menyatakan, luas lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan mendapat program peremajaan sawit ini lebih luas dari target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Ia menjelaskan, mayoritas lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan mendapat program peremajaan tanaman kelapa sawit itu yang produktivitasnya rendah, yakni 10 ton per tahun.

Selain itu, katanya, instansinya juga mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena usia tanaman sudah di atas 25 tahun.

Ia berharap, usulan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas 3.000,98 hektare di daerah itu disetujui seluruhnya oleh pemerintah pusat.

Selanjutnya, katanya, instansinya menunggu pemerintah pusat akan turun ke Mukomuko untuk melakukan verifikasi lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan mendapat program itu. (Ant)

Lihat juga...

Isi komentar yuk