DPRD Balikpapan Minta Pengawasan Jam Edar Truk Dioptimalkan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

248

BALIKPAPAN — DPRD Balikpapan minta pengawasan terhadap penerapan Peraturan Wali Kota Nomor 60 Tahun 2016 Tentang jam edar kendaraan dengan berat tertentu lebih dimaksimalkan. Hal itu dilakukan agar kejadian kecelakaan truk kontainer yang menabrak empat mobil di Jalan Projakal KM 5,5 pada Senin pagi (5/3) tidak terulang lagi.

“Saya pikir ini kita mengontrol bersama, paling tidak semenjak dikeluarkan regulasinya penerapan juga harus terkontrol dengan baik. Paling tidak bisa meminimalisir kejadian serupa,” jelasnya Senin (5/3/2018).

Dia menilai saat ini pengawasan terhadap kebijakan perwali itu masih kurang maksimal.

“Sekarang ini lost kontrol lagi. Kalau itu dikontrol dan pengawasan dengan baik maka kendaraan besar truk kontainer itu tidak melewati sesuai jam edar,” tandas politisi Gerindra ini.

Karena itu, Sabaruddin berharap peran Dinas Perhubungan dan instansi terkait untuk melakukan pengawasan yang maksimal.

“Katanya sudah punya cctv dimana-mana, nah misal kalau melanggar lampu merah itu sudah termonitor. Makanya harus diawasi sesuai dengan perwali,” tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan
Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin – Foto: Ferry Cahyanti

Seperti diketahui, dalam Perwali Nomor 16 tahun 2016 tercantum aturan truk/tronton dengan panjang 20 feet tidak boleh beredar di pukul 06.30 Wita hingga 09.00 Wita dan di 15.00 Wita hingga 18.00 Wita. Sementara kendaraan di atas 40 feet dilarang beredar dari pukul 06.00 Wita sampai 21.00 Wita.

Sebelumnya, pada pukul 09.00 Wita (5/3) terjadi kecelakaan beruntun di kawasan Jalan Projakal KM 5,5 Balikpapan Utara. Tidak ada korban jiwa akan tetapi empat mobil dan satu truk kontainer ringsek.

Kasatlantas Polres Balikpapan, Noordhianto menyebutkan dari laporan truk kontainer dari arah batu ampar menuju Kariangau tiba-tiba rem nya los.

“Korban jiwa tidak ada, hanya luka. Mungkin los, saya tidak bilang blong karena masih dilakukan penyelidikan. Saat ini olah TKP masih dilakukan tim,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...