FA Cup: Tottenham Bantai Rochdale 6-1

Editor: Satmoko

251
Fernando llorente mencetak hattrick dan membantai Tottenham menang telak 6-1 atas Rochdale. Foto: tottenhamhotspur.com

LONDON – Tottenham Hotspur memastikan tiket perempat final FA Cup setelah membantai Rochdale dengan skor telak 6-1 pada laga replay yang digelar di Stadion Wembley, Kamis dini hari.

Stephen Humphrys sempat mencetak gol penyeimbang setelah Heung-Min Son membuka keunggulan bagi Tottenham. Namun hattrick dari Fernando Llrorente ditambah dua gol lain dari Son dan Kyle Walker-Pieters cukup untuk memastikan tiket perempat final.

Di babak ini, The Lily Whites bakal meladeni Swansea City yang lolos untuk pertama kalinya sejak 1963 dengan menyingkirkan Sheffield Wednesday 2-0 juga melalui laga replay. Laga sempat diwarnai kontroversi menyusul penggunaan VAR yang membatalkan gol Tottenham.

Meski begitu, tuan rumah tampil apik sejak awal laga. Pada menit enam, Erik Lamela mengonversi bola menjadi gol setelah percobaan dari Heung-Min Son sebelumnya sempat digagalkan Josh Lillis. Namun gol dianulir setelah ditelusuri melalui VAR, Llorente dianggap telah melakukan pelanggaran.

Rochdale balik mengancam melalui Matt Done. Namun tendangan voli yang dilepaskannya masih melebar. Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan melalui Son pada menit 23 yang melepass tembakan ke pojok bawah gawang Lillis dari jarak 12 meter.

Kontroversi kembali muncul saat Kieran Trippier dilanggar, berlari ke dalam kotak penalti. Alih-alih menghasilkan tendangan bebas, VAR justru memperlihakan pelanggaran masih terjadi di dalam kotak. Son kemudian mengambil peran sebagai algojo, tapi golnya juga dianulir dan ia justru mendapat hadiah kartu kuning dari wasit.

Menit 31, Rochdale akhirnya menyamakan skor melalui Humphrys. Memanfaatkan umpan silang Andy Cannon, Humphrys berhasil memperdaya Michel Vorm dari jarak dekat sekaligus memaksa babak pertama berakhir 1-1.

Usai turun minum, Tottenham langsung memberikan tekanan. Dua menit laga berjalan, Llorente memaksa Lillis memungut bola dari gawangnya setelah memaksimalkan umpan Lucas Moura. Pemain yang baru diboyong Januari lalu itu juga berperan memberikan assist bagi gol kedua Llorente.

Umpan matang di depan gawang dengan mudah dikonversi menjadi gol oleh Llorente pada menit 53. Enam menit berikutnya, Llorente kembali mencetak gol setelah mengalahkan bek Rochdale dalam perebutan bola di dalam kotak terlarang.

Tottenham belum berhenti. Menit 65, Heung-Min Son mencetak gol keduanya dan gol kelima Tottenham ke gawang Rochdale. Kali ini giliran Llorente yang memberinya bola untuk diteruskan ke arah gawang yang kosong tanpa pengawalan.

Manajer Tottenham, Mauricio Pochettino memasukkan Mousa Dembele dan Dele Alli. Kedua memberi kontribusi apik bagi Tottenham di sisa laga. Meski begitu, tambahan gol baru lagi jelang bubar melalui Walker-Pieters. Menerima umpan dari Alli, Walker melepas tembakan melewati Lillis dan berbuah gol.

Starting XI

TOTTENHAM HOTSPUR (4-2-3-1): Vorm; Trippier, Dier, Foyth, Rose; Sissoko, Winks (Dembele 62′); Lamela, Son (Alli 67′), Lucas (Walker-Peters 82′); Llorente

ROCHDALE (4-4-2): Lillis; Rafferty, McGahey, McNulty, Delaney; Done, Cannon (Adshead 76′), Camps, Kitching (Thompson 64′); Humphrys (Davies 58′), Henderson

 

Baca Juga
Lihat juga...