Gebu Minang Lampung Sisir Potensi Investasi di Sumbar

Editor: Mahadeva WS

189
Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat Ginta Wirasenjaya/Foto: M. Noli Hendra

PADANG –  Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Ekonomi dan Budaya (DPW Gebu) Minang, Lampung menggandeng Pemprov Sumatera Barat untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di daerah tersebut.

Selain sektor ekonomi di bidang peternakan, industri, dan UMKM, sektor pendidikan, sektor kesenian juga dibidik dalam kerjasama tersebut. Dalam pertemuannya dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat Ginta Wirasenjaya mengatakan, Gebu Minang telah melihat beberapa peluang investasi di provinsi tersebut.

Rencana berinvestasi di kampung halaman diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat di ranah. Termasuk sekira 800 ribu lebih orang Minang yang saat ini tinggal dan mencari hidup di Lampung. “Kami di Gebu Minang sepakat, organisasi ini jangan hanya sekadar organisasi. Terpenting itu agar bagaimana bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Baik di ranah mau pun di rantau,” kata Ginta, usai bertemu Nasrul Abit, Rabu (27/3/2018).

Salah satu yang investasi yang diinginkan misalnya di sektor perternakan. Di bidang tersebut Gebu Minang Lampung berharap diberi ruang untuk ikut dalam industri ternak sapi di kandang-kandang yang tersedia di Sumbar.

Selain perternakan, Gebu Minang Lampung juga menyiapkan program pendidikan untuk pelajar yang membutuhkan. Telah disiapkan 200 paket beasiswa tahunan dari Gebu Minang Lampung. Sementara di bidang kesenian, Gebu Minang berkeinginan untuk mendapatkan sosok yang bisa membantu mengembangkan seni tradisi seperti Saluang dan KIM.

“Orang Minang di Lampung agak kesulitan mengakses seni tradisi seperti Saluang dan KIM. Selama ini untuk menikmatinya harus mendatangkan seniman dari Sumbar. Kami harap, ada yang bisa kami utus pulang kampung untuk mempelajarinya,” tukasnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit mengusulkan agar lahan milik pemerintah daerah seluas 500 hektare di Air Runding Pasaman Barat bisa dimanfaatkan. Hal tersebut untuk mempermudah dan mempercepat implementasi kerjasama yang diwacanakan. Wagub langsung meminta OPD terkait untuk menindaklanjuti rencana kerja sama tersebut.

“Untuk teknisnya, rencana yang skala kecil bisa diintensifkan dengan kepala OPD terkait. Sedangkan yang skala besar bisa saya pimpin langsung proses teknisnya. Berbagai rencana yang disampaikan Gebu Minang Lampung sangat menjanjikan, sehingga memang sangat perlu direspon cepat,” terang Nasrul.

Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat Erinaldi menyebut, saat ini telah tersedia informasi berbasis daring E-Ternak, yang memuat informasi seputar ketersediaan kandang dan kuota sapi yang masih tersedia untuk diisi oleh investor di kandang-kandang yang ada di Sumatera Barat.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.