banner lebaran

Gencarnya Promosi Pariwisata Banjarmasin Dongkrak Bisnis Kuliner Lokal

Editor: Koko Triarko

219

BANJARMASIN – Gencarnya upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin mempromosikan berbagai destinasi wisata di Banua, berdampak positif pada perkembangan bisnis kuliner di kota setempat.

Salah satu pebisnis kulier lokal di Banjarmasin, Suhaimi, mengakui terdongkraknya omset usahanya kini seiring dengan promosi wisata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

“Sekarang pelanggan kami bukan hanya warga lokal saja, wisatawan dari luar daerah dan luar negeri pun sering mampir. Hal tersebut tentunya sudah membuktikan bagaimana kunjungan wisatawan sangat erat kaitannya dengan perkembangan bisnis kuliner kami,” jelas Owner Rumah Makan Soto Kuin Abang Suhai, Selasa (13/3/2018).

Karena itu, ia berharap ke depan ada upaya yang lebih gencar dari Pemda setempat dalam mempromosikan berbagai wisata yang ada di Banua. Bahkan, kalau perlu ditambah lagi destinasi wisata baru, agar lebih menarik wisawatawan untuk berkunjung.

“Kalau itu bisa dilakukan, saya meyakini bisnis kuliner di Banua semakin menjanjikan untuk digeluti. Bahkan, punya masa depan yang lebih cerah,” tambahnya.

Sementara itu, Owner Rumah Makan Sambal ARB, Aulia Abdi, juga mengakui ada kolerasi yang positif antara kunjungan wisatawan dengan perkembangan bisnis kulinernya setahun belakangan.

Ia sangat mengapresiasi rutinnya Pemda menggelar berbagai iven tingkat nasional di Kota Banjarmasin. Hal tersebut sangat membantu usaha kulinernya, sehingga semakin dikenal oleh wisatawan.

“Kita berharap, ke depan iven nasional bisa diperbanyak lagi. Hal itu agar makin banyak wisatawan yang datang ke Banjarmasin dan mencicipi berbagai kuliner khas lokal,” imbuhnya.

Di lain pihak, Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalsel, Ahmad Reza Hidayat, berharap, ada upaya yang lebih gencar dari Pemda untuk memperkenalkan berbagai kuliner khas lokal.

Salah satunya dengan membuat website khusus yang membahas berbagai macam menu lokal menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Kalsel.

“Dalam website tersebut, bisa ditambahkan juga informasi terkait wisata hingga berbagai iven menarik yang ingin digelar Pemda. Dengan begitu, tentunya wisatawan mudah mendapatkan informasi dan makin tertarik untuk mengunjungi Kalsel,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.