Hamilton Tercepat Latihan Sesi Kedua di Australia

151
Lewis Hamilton - Foto formula1.com

MELBOURNE – Juara bertahan Formula 1 Lewis Hamilton memuncaki daftar catatan waktu untuk Mercedes pada kedua sesi latihan di Grand Prix Australia, Jumat (23/3/2018).

Namun pebalap Red Bull Max Verstappen memperlihatkan kecepatan yang cukup untuk memberi pandangan berbeda bagi The Silver Arrow. Verstappen mengelilingi Albert Park dengan catatan satu menit 24,026 detik untuk mendominasi latihan pertama musim baru. Catatan waktu Hamilton berkembang signifikan dengan 1:23,931 pada sesi kedua.

Pebalap muda asal Belanda yang membela Red Bull Verstappen menempel ketat Hamilton. Hanya tertinggal 0,127 detik dari juara dunia empat kali itu pada sesi kedua. Hal itu memunculkan harapan untuk menandingi Mercedes, yang menyapu bersih gelar pebalap dan konstruktor selama empat tahun terakhir. Hanya ada selisih kurang dari 1/10 detik yang memisahkan sang juara bertahan dan Red Bull serta mobil-mobil Ferrari.

Verstapen diapit oleh dua pebalap Mercedes, di mana rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, merupakan pebalap tercepat ketiga meski sempat beberapa kali harus keluar jalur. “Itulah yang saya sebut start positif pada satu musim. Mobil ditangani dengan baik dan saya gembira dengan hari ini,” cuit Verstappen di akun twitternya.

Berada di urutan keempat pada FP2, Kimi Raikkonen memperlihatkan bahwa Ferrari juga mungkin dapat tampil gemilang pada balapan yang akan digelar Minggu (25/3/2018). Namun ia akan harus menghadapi para steward setelah diduga menghambat sesama pebalap Finlandia Bottas, yang nyaris membentur bagian belakang mobilnya dan kemudian terperosok ke gravel.

Ini merupakan hari yang lebih berat bagi rekan setim Raikkonen sekaligus juara empat kali, Sebastian Vettel, yang tertinggal lebih dari setengah detik pada FP2 di posisi kelima. Namun ia tidak terlalu mempermasalahkannya. “Kami tetap mampu tampil baik. Saya tidak begitu cemas karena saya tahu jika saya mendapatkan semuanya dengan tepat, kami semestinya berada dalam bentuk yang lebih baik,” kata pebalap Jerman tersebut.

Harapan tuan rumah yang membela Red Bull, Daniel Ricciardo, menduduki urutan ketujuh. Catatan waktunya terdampak oleh bendera merah sepanjang sesi karena masalah kabel di garis start-finis. Disebut-sebut sebagai salah satu tim dengan perkembangan-perkembangan besar, Haas tampil cukup baik, di mana Romain Grosjean menduduki posisi tercepat urutan keenam di FP2 dan rekan setimnya Kevin Magnussen di urutan kesembilan.

Terdapat hal yang mendorong rasa optimistis bagi McLaren, yang harinya diawali dengan muram ketika para mekanik mengeluhkan masalah pada sistem knalpot yang membuat juara dunia dua kali Fernando Alonso dan Stoffen Vandoorne harus terpaku di garasi untuk sebagian besar sesi.

Namun Alonso akhirnya bangkit untuk menduduki posisi tercepat urutan kedelapan dan menggenggam posisi itu selama FP2. Pebalap Kanada Lance Stroll mengakhiri hari dengan rasa frustrasi, di mana mobil Williamsnya harus berhenti melaju pada akhir FP2 karena masalah overheat. Dia berada di urutan ke-14 pada sesi itu, mengungguli rekan setimnya yang merupakan pebalap debutan ergey Sirotkin (urutan ke-18).

Meski Mercedes memperlihatkan mereka mampu menggenggam sedikit keunggulan kecepatan, ramalan cuaca yang memperkirakan Sabtu akan turun hujan dapat menambah elemen ketidakpastian pada kualifikasi. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.