Hijaukan Jalan Dua Toru Maumere, Kodim Sikka Tanam 300 Pohon

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

423

MAUMERE — Dalam rangka mencegah pemanasan global dan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persit Kartika Candra Kirana cabang XI, Kodim 1603 Sikka melaksanakan penanaman pohon di sepanjang jalan Dua Toru kelurahan Beru kota Maumere.

“Untuk penghijaun kali ini kami mengambil tema Bersama Hijaukan Bumi Indonesia untuk Generasi Penerus Bangsa. Pohon Glodongan yang ditanam sebanyak 300 pohon,” ujar Dandim Sikka Letkol Inf. Sugeng Prihatin, SSos, MSc, Kamis (14/3/2018).

Dikatakan Sugeng, sekarang musim penghujan sudah mulai berakhir dan beranjak ke musim kemarau untuk wilayah kabupaten Sikka dan sekitarnya. Saat musim kemarau akan terjadi peningkatan suhu rata rata daratan bumi, laut dan juga atmosfer.

“Kita akan merasakan efek dari panas yang sedimikian tingginya. Oleh sebab itu maka kami dari Kodim 1603/Sikka menyelenggarakan kegitan program penghijauan tahun 2018,” tuturnya.

Dandim Sikka
Dandim 1603 Sikka Lekol Inf.Sugeng Prihatin,SSos,MSc. Foto : Ebed de Rosary

Dalam kegiatan penghijauan ini ditanam secara bersama-sama pohon Glodogan yang mana merupakan jenis pohon peneduh yang berguna untuk pelindung rumah dari sengatan terik matahari.

“Untuk itu saya mengajak kepada kita khusunya warga yang bermukim di sekitar lokasi penanaman pohon agar menjaga dan merawatnya sehingga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita dan juga bagi generasi berikutnya, anak cucu kita ke depannya,” terangnya.

Selain dari Kodim 1603 Sikka lanjjut Sugeng, pihaknya mengajak serta Polres Sikka, Lanal Maumere, Brimob Maumere, PT. Telkomsel Grapari, Bank BNI , Dinas Lingkungan Hidup, Persit KCK cabang XIV Kodim 1603/Sikka,

Juga lanjutnya, hadir mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere, SPM (Sekolah Pelayaran Menengah) Yapenrais Maumere, siswa-siswi SLTPK Yapenthom Maumere serta warga masyarakat di sekitar lingkungan areal penanaman pohon tersebut.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Sikka Ir.Yunida Pollo kepada Cendana News, pihaknya selalu membuka ruang bagi segenap instansi, lembaga maupun organisasi yang ingin melakukan penanaman pepohonan sebagai peneduh dan menghijaukan kota serta mencegah pemanasan global.

“Kami menyediakan pohon untuk penghijauan bila dibutuhkan dan tentu saja kami akan turut serta melakukan penanaman pohon. Saat ini banyak lembaga dan organisasi yang sudah peduli terhadap penghijauan,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...