HUT ke-72 Marinir, Panser Amfibi Sedot Perhatian Masyarakat

Editor: Satmoko

313

LAMPUNG – Kehadiran panser BTR (Bronertransporter) 4 di pelabuhan PT. Bandar Bakau Jaya (BBJ) cukup menyita perhatian masyarakat. Pada hari pelaksanaan lomba renang dan dayung lintas Selat Sunda 2018 bahkan empat panser yang berasal dari Ukraina tersebut dihadirkan.

Sersan Mayor (Mar) Triyanto selaku komandan kendaraan menyebut, empat panser BTR-4 tersebut langsung didatangkan dari Resimen Kavaleri 2 Korps Marinir Cilandak.

Melalui perjalanan darat empat kendaraan tempur tersebut diakui Serma Triyanto selanjutnya bersiaga di garis finish pelaksanaan lomba renang dan dayung lintas Selat Sunda 2018 di Pantai Tanjung Sekong, Dermaga PT. Jumbo Power Int. Merak, Banten.

Selanjutnya pada Kamis malam (1/3) empat ranpur alutsista korps marinir TNI Angkatan Laut tersebut dikerahkan ke dermaga PT. BBJ Bakauheni sebagai lokasi start lomba renang dan dayung lintas Selat Sunda 2018.

“Pada hari pelaksanaan panser amfibi ini akan disiagakan di gerbang masuk pelabuhan Bandar Bakau Jaya agar masyarakat bisa melihat dari dekat kendaraan tempur yang dimiliki oleh korps marinir,” terang Sersan Mayor (Mar) Triyanto selaku komandan kendaraan tempur panser BTR-4 dari Resimen Kavaleri 2 Korps Marinir Cilandak, saat ditemui Cendana News di pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Jumat (2/3/2018).

Kopda (Mar) Yuli Tri, driver panser amfibi BTR -4 yang disiagakan di pelabuhan PT. BBJ Bakauheni pada rangkaian peringatan HUT korps marinir ke-72 [Foto: Henk Widi]
Panser amfibi yang bisa difungsikan di darat dan laut tersebut diakui oleh Serma (Mar) Triyanto memiliki ciri khas pipa snorkel di sisi atas yang dipergunakan saat berada di laut. Dalam satu ranpur selama kegiatan rangkaian HUT korps marinir ke-72 disebutnya kru yang disiagakan sebanyak 3 personil termasuk driver. Pada saat kondisi lengkap dengan pasukan panser BTR-4 disiagakan sebanyak 10 personil.

Selama kegiatan HUT Korps marinir ke-72 diakui Serma (Mar) Triyanto masyarakat bisa melihat dari dekat panser BTR-4 tersebut. Bahkan selama pelaksanaan warga bisa naik ke kendaraan tempur tersebut dari gerbang pelabuhan PT. BBJ dan berkeliling naik di atas panser amfibi tersebut. Kendaraan tempur yang baru pertama kalinya dibawa ke Lampung Selatan tersebut bahkan dipergunakan warga untuk swafoto.

Kopda (Mar) Yuli Tri selaku driver ranpur panser BTR-4 menyebut, antusiasme warga berfoto dengan kendaraan lapis baja angkut personil (armoured perssonerl carrier) dengan penggerak roda 8×8 sangat tinggi. Selain berswafoto di depan kendaraan tempur sebagian bahkan ingin naik ke atas kendaraan dan berkeliling di sekitar pelabuhan PT. BBJ.

“Empat panser amfibi ini hanya akan sampai sore di sini karena setelah itu geser kembali ke Merak di lokasi finish lomba renang dan dayung lintas Selat Sunda,” tutur Kopda (Mar) Yuli Tri.

Dian (26), salah satu warga asal Bakauheni mengaku, sangat senang karena dirinya bisa melihat dari dekat kendaraan tempur amfibi tersebut bahkan bisa berswafoto. Ia mengaku baru pertama kali melihat panser setelah sebelumnya hanya melihat melalui televisi. Selain melihat dan berfoto bersama panser amfibi tersebut Dian dan sejumlah warga  berniat mengikuti kegiatan lomba kuliner ikan untuk ibu-ibu PKK.

“Selagi bisa berfoto dan berada di dekat panser amfibi kami langsung berswafoto karena kesempatan hanya hari ini,” beber Dian.

Pantauan Cendana News, sejumlah perlombaan untuk masyarakat umum sudah dipersiapkan dalam rangkaian HUT Korps marinir ke-72 di pelabuhan Bandar Bakau Jaya. Beberapa lomba yang akan diikuti masyarakat umum di antaranya lomba renang pelajar jarak dekat, lomba rampak bedug pelajar, lomba panjat pinang laut, menggambar dan mewarnai serta sejumlah lomba lain.

Selain lomba untuk masyarakat umum khusus untuk marinir dilakukan lomba renang dan dayung perahu karet. Sebanyak 300 pendayung dari Satlak Korps marinir seluruh Indonesia dan sebanyak 576 (72 tim) akan melintasi selat Sunda. Pelaksanaan lomba renang sejauh 39,06 kilometer akan dilakukan pada pukul 21.00, Sabtu (3/3). Untuk pelaksanaan lomba dayung perahu karet sejauh 39,01 kilometer juga akan dilakukan Sabtu (3/3) pukul 03.00.

Baca Juga
Lihat juga...