banner lebaran

Ibadah Jumat Agung Gereja Katedral Jakarta Tertib dan Khidmat

Editor: Irvan Syafari

335

JAKARTA —– Pelaksanaan kegiatan Jumat Agung 2018 yang berlangsung di Gereja Ketedral Jakarta secara keseluruhan berlangsung tertib dan khidmat. Hingga siang ini pelaksanaan ibadah masih terus berlangsung dan sedang memasuki Ibadah tahap ke II yang menurut rencana akan dimulai pada sekitar pukul 15:00 WIB.

Ibadah  Jumat Agung dimulai sejak pukul 09:00 WIB dengan menyelenggarakan Jalan Salib yang diikuti oleh sejumlah jemaat yang tergabung dalam Orang Muda Katolik (OMK) dari Katedral Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan Ibadah Tahap I yang akan dimulai pada sekitar pukul 12:00 WIB yang dipimpin Romo Markus Yumartama dan Romo Joannes Maryana.

Sementara itu dalam pelaksanaan Ibadah Tahap II yang rencanananya akan berlansung sebentar lagi akan dipimpin oleh Romo Albertus Hani Rudi Hartoko (Pastor Kepala) dan Romo Adi Susanto. Sedangkan untuk Ibadah Tahap III yang akan dipimpin oleh Romo Alexius Andang Listya Binawan.

Susyana Suwadie, Humas Gereja Katedral Jakarta saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan ibadah Misa Paskah 2018 di Gereja Katedral Jakarta berlangsung tertib dan khidmat.

Menurutnya ribuan umat Katolik hingga siang ini masih terus berdatangan untuk mengikuti jalannya Misa Paskah 2018 di Gereja Katedral Jakarta.

“Tadi pagi ummat Katolik di Gereja Katedral Jakarta telah melaksanakan Ibadah Jalan Salib pada Jumat Agung ini. Ibadah tersebut dimulai pada pukul 09:00 WIB tadi pagi, dalam ibadah Jumat Agung ini. Setiap kegiatan akan dibagi menjadi dalam tiga bagian, masing-masing ibadah sabda, penghormatan salib dan komuni,” kata Susyana Suwadie di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (30/3/2018).

Menurut Susyana ini merupakan puncak di mana Yesus Kristus sengsara wafat dan disalibkan untuk menebus umat manusia. Susyana juga menjelaskan, bahwa Ibadah Jumat Agung hari ini dibagi menjadi empat bagian atau jadwal, mulai Ibadah Jalan Salib pukul, Ibadah I, Ibadah II dan Ibadah III atau ibadah terakhir atau penutup pelaksanaan Ibadah Jumat Agung hari ini.

“Biasanya jemaat Katedral Jakarta  datang biasanya pada pelaksanan ibadah pukul 12:00 WIB dan ibadah setelahnya. Gereja Katedral Jakarta bisa dibilang merupakan gereja induk, sehingga dipastikan ribuan umat Katolik akan terus berdatangan untuk mengikuti ibadah hari ini” pungkas Susyana Suwadie.

Susyana Suwadie (dua dari kiri) Humas Gereja Katedral Jakarta-Foto: Eko Sulestyono.

Hingga berita ini ditulis, jalannya peribadahan Tahap II yang dimulai tepat pada pukul 15:00 WIB masih terus berlangsung. Meskipun cuaca di Jakarta saat ini sedang panas terik, namun hal tersebut rupanya tidak sampai menyurutkan semangat umat Katolik untuk tetap melaksanakan ibadah Jumat Suci di Gereja Katedral Jakarta.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.