Inilah Rangkaian Kegiatan dalam Pekan HUT ke-43 TMII

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

859

JAKARTA — Peringatan HUT ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 15-22 April 2018 mendatang akan dihiasi dengan berbagai pementasan budaya nusantara. Gelaran tersebut dikemas dalam “Gebyar Pesta Budaya Nusantara” dengan mengusung tema ” Taman Mini Indonesia Wajah Budaya Indonesia : Seni Diusung, Budaya Dijunjung, Banua Bauntung”.

“Kita harapkan HUT Ke 43 TMII ini semarak dengan pesta budaya yang menghibur dan memberikan wawasan pada masyarakat,” kata Ketua Umum HUT Ke -43 TMII, Jaya Purnawidjaja pada konferensi pers di ruang perpustakaan TMII, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Dijelaskan, mengawali kegiatan HUT ke 43 TMII, pada tanggal 2 April 2018 akan digelar ziarah ke makam almarhum Presiden Soeharto dan almarhum Ibu Tien di Astana Giri Bangun Surakarta.

Di hari pertama pembukaan pada 15 April digelar pawai budaya dari berbagai provinsi. Pawai menghadirkan duta-duta seni daerah se Indonesia. Selain pawai, akan tampil Sasirangan Carnival Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Sasirangan carnival ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat yang akan berkunjung ke TMII,” kata Jaya.

Disebutkan, dalam rangka HUT serta menyongsong Asean Games 2018, TMII juga menggelar Festival Pencak Silat yang akan dibuka oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan,” ujarnya.

Selanjutnya, pada 19 April 2018 adalah Exspo Nusatara yang terdapat tiga kegiatan yaitu pameran produk unggulan dengan tema tahun ini adalah tekstil, baik itu kain tenun, batik, ulus dan lainnya.

Selain Expo Nusantara, juga dimeriahkan dengan pameran museum dengan tema “Wanita” dan diikuti 34 provinsi seluruh Indonesia. Pameran ini berlangsung di Sasana Kriya pada 19-22 April akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Tanggal 19 April 2018 di Sasono Utomo akan diadakan selamatan keluarga besar TMII.
“Ketua Umum Yayasan Harapan Kita, Ibu Siti Haryanti Rukmana atau Ibu Tutut akan hadir pada syukuran TMII mencapai usia 43 tahun,” kata Jaya.

Usai syukuran, Ibu Tutut akan meninjau pameran taman rekreasi atau Putri Expo di Sasono Adiguno. Selanjutnya acara nikah massal di Sasono Adiguno. Pada pameran ini semua wahana rekreasi TMII memberikan harga khusus satu tiket untuk 2 orang dari tanggal 19-22 April 2018.

Acara puncak HUT Ke 43 TMII pada 20 April 2018 pukul 14.00 WIB di Teater Garuda TMII akan menghadirkan Gubernur Kalsel, Menteri Pariwisata, dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan untuk penandatangan prasasti penguatan fungsi TMII.

Acara puncak ini dimeriahkan dengan drama tari bertajuk “Menjalung Ratu Zaleha menuju Gemilang Negeriku” produksi dari Provinsi Kalsel dan TMII.

Tanggal 21 April 2018 kemeriahan expo wedding dan festival Jamu Gendong. Selain itu pada tanggal 21 April 2018 ada festival kuliner di Sasono Adiguno. Tanggal 22 April 2018, sebagai penutup akan dipusatkan di Plaza Tugu Api Pancasila yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

Acara penutup HUT Ke 43 TMII pada pukul 14.00 WIB ini akan dimeriahkan dengan persembahan Tari Gambyong yang dibawakan oleh 43 penari. Dimeriahkan juga gebyar atraksi kolosal kesenian rakyat, Kuda Lumping, Sisingan, Barong Caplok, Parade Musik Doll kolaborasi dengan alat musik nusantara. Kemudian malamnya akan dimeriahkan dengan festival Ramayana di Sasono Langen Budoyo.

Adapun jelas Jaya, kegiatan pendukung pekan HUT ke 43 TMII, adalah lomba keindahan lingkungan antar anjungan daerah, museum dan unit usaha. Juga lomba olahraga keluar besar TMII, bakti sosial, donor darah dan santunan.

Pergelaran Wayang Kulit peran serta PEPADI Pusat juga memeriahkan HUT TMII yang digelar di Plaza Tunggu Api Pancasila pada 13-14 April 2018. ” Pergelaran wayang kulit ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo,” kata Jaya.

Juga pada tanggal 20-22 April 2018 disajikan gelar citra budaya tradisidi di anjungan daerah. Ditampilkan pula y Gita Natya Nusantara berupa tarian daerah di Sasana Kriya pada 19-22 April 2018.

Tanggal 20 April 2018, penampilan musik dan lagu nusantara oleh komunitas pencinta Koes Plus di panggung Arsipel Indonesia.

Pameran dan lomba unggas nusantara di Selaras Taman Burung pada 22 April 2018. Sarasehan dan workshop penangganan reptil berbisa di Taman Reptile dan Amphiteather MFIK pada 22 April 2018.

Family gathering TMII pada 28 April 2018 dimeriahkan jalan sehat keluarga bersama Direktur Utama TMII di Plaza Tugu Api Pancasila.

Untuk wahana pembelajaran dan inovasi peningkatan daya saing bangsa, Museum IPTEK TMII juga akan menggelar Sains Day.

“Target kami pada HUT ke 43 TMII ini bisa mencapai 400 ribu pengunjung. Pada HUT tahun lalu target kami adalah 300 ribu pengunjung,” pungkas Jaya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.