IPBI Malang Ingin Memasyarakatkan Seni Merangkai Bunga

Editor: Irvan Syafari

1.013
Ketua IPBI DPC Malang, Louise Pratikno-Foto: Agus Nurchaliq.

MALANG — Merangkai bunga adalah salah satu seni yang tiak hanya bisa untuk dinikmati keindahannya, tetapi juga bisa dijadikan sebuah lahan bisnis ataupun usaha yang cukup menjajikan bagi mereka yang terampil dalam merangkai keindahannya.

Ketua Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Malang, Louise Pratikno mengatakan, Kota Malang sebagai Kota Bunga sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus bagi perkembangan seni merangkai bunga.

“Bahan-bahan untuk membuat rangkaian bunga sebenarnya banyak tersedia di Malang dan Batu. Malang sebagai Kota Bunga tentunya memiliki banyak kebun bunga. Sekarang tinggal masyarakatnya sendiri bisa dan mau memanfaatkannya atau tidak,” jelasnya, Rabu (14/3/2018).

Untuk itu IPBI memiliki tugas untuk memasyarakatkan seni merangkai bunga kepada masyarakat luas terutama masyarakat Malang, tandasnya.

Louise mengatakan, dalam merangkai bunga sebenarnya memiliki teknik dan kurikulum sendiri, sehingga mereka ingin menonjolkan dan mengenalkan teknik tersebut kepada masyarakat.

Dari sisi ekonomi, menurut Louise, seni merangkai bunga cukup menjajikan karena memiliki nilai jual yang cukup bagus, sehingga bisa menjadi hobi yang menghasilkan, bahkan bisa juga untuk bisnis bunga.

“Ke depan kami ingin mengajarkan seni merangkai bunga kepada masyarakat yang kurang mampu terutama bagi Ibu-ibu yang tidak bekerja maupu kepada remaja putri. Tujuannya agar mereka bisa membantu perekonomian keluarga dengan menjual rangkaian bunga buatan mereka sendiri,” terangnya.

Selama ini pihaknya sudah sering mengisi di acara PKK Ibu-ibu.Disebutkan, setiap tahunnya dari IPBI DPC Malang selalu mengirimkan satu orang wakilnya untuk menghias Istana Presiden dalam acara hari kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala bidang ekonomi kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Heri Sunarko, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan IPBI Malang.

Menurutnya, merangkai bunga termasuk dalam kategori seni yang didalamnya terdapat unsur kreativitas sehingga bisa dikategorikan dalam ekonomi kreatif.

“Seni merangkai bunga bisa memberikan aura positif, ketenangan batin dan ketenangan jiwa bagi si pembuat maupun penikmatnya,” terangnya.

Salah satu rangkaian bunga-Foto: Agus Nurchaliq.

Untuk itu Heri berharap agar IPBI bisa terus berkembang dan menjadi mitra luar biasa bagi pemerintah kota Malang khususnya dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Nanti pada 8 April, IPBI akan kita ajak ikut pameran bersama untuk merayakan hari jadi di Kota Malang,”

Baca Juga
Lihat juga...