Istia Budi, tak Henti Sosialisasikan Dunia Digital

Editor: Satmoko

351
Istia Budi seorang warga Balikpapan yang mendapatkan penghargaan bidang teknologi informasi tahun 2018 dari Pemerintah Kota Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Menekuni bidang ilmu teknologi informasi selama 17 tahun lebih, Istia Budi, seorang warga Balikpapan yang mendapatkan penghargaan bidang teknologi informasi dari Pemerintah Kota Balikpapan, ingin mengenalkan teknologi informasi atau pun yang dikenal dengan dunia digital ke kalangan generasi muda sebagai peluang usaha. Itulah cita-citanya yang tak henti ia sosialisasikan.

Seiring melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu membawa dampak positif dan negatif. Positifnya banyak teknologi digital yang digunakan masyarakat sehingga memudahkan dalam pelayanan.

“Teknologi informasi memiliki banyak peluang usaha baru yang juga harus dibuka. Karena dari sini kita bisa bekerja, tidak harus bidang lainnya. Sehingga pendidikan teknologi informasi juga bisa menjadi pilihan,” ungkap Istia Budi, seorang dosen dan guru pengajar teknologi informasi di Balikpapan.

Menurutnya, upaya memberikan informasi dan mengenalkan generasi muda pada teknologi informasi karena Balikpapan tidak hanya dikenal sebagai kota minyak tapi juga memang sebaiknya dikenal pula karena kemajuan teknologinya.

“Sumber Daya Manusia (SDM) harus kita ubah dalam arti kita ajak mereka, kenalkan teknologi informasi ke dosen, guru, dan siswa bahwa peluang usaha  tidak hanya dari perminyakan dan lainnya. Ini lho ada digital teknologi yang juga menjadi peluang usaha,” kata pria kelahiran Surabaya 1973.

Saat ini yang dilakukan pihaknya adalah mengajak anak muda untuk terjun ke dunia digital dengan menciptakan aplikasi yang bermanfaat untuk pelayanan publik dan masyarakat pada umumnya.

“Sekarang kami bersama teman lainnya juga terus mengumpulkan anak-anak yang berminat pada teknologi digital untuk belajar bersama dari merakit kemudian menciptakan aplikasi,” beber pria yang akrab disapa Budi, saat ditemui Kamis (1/3/2018).

Tidak hanya mengenalkan dan mengajak anak-anak berbakat pada teknologi, pada tahun ini bersama tim ia juga akan mengeluarkan aplikasi baru dan pelayanan hosting di Balikpapan sehingga tak perlu lagi ke Jakarta.

“Rencana tahun ini kami akan keluarkan aplikasi layanan dan hosting di Balikpapan. Dan ini salah satu upaya kami bersama tim,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...