hut

IWO Ingatkan Pewarta untuk Gemar Baca

Ilustrasi Jurnalis - Dokumentasi CDN

JAKARTA – Ikatan Wartawan Online (IWO) mengingatkan kepada para pewarta untuk gemar membaca buku dan sumber literasi lainnya. Serta memperbanyak menulis artikel untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Saya ingatkan untuk gemar membaca dan menulis apa saja. Jangan lupa wartawan dituntut memberikan kebenaran dan fakta,” ujar Ketua IWO Jodhi Yudono di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Dengan Membaca akan semakin membuka wawasan pewarta sehingga dapat membedakan antara berita bohong atau hoaks dengan berita nyata yang ada di media sosial. IWO telah memberikan sejumlah pelatihan kepada pewarta daring untuk meningkatkan kapasitas agar tidak terjebak pada isu politisasi SARA dan hoaks.

IWO mendorong para pewarta tidak hanya menulis berita, melainkan juga menyusun buku sebagai jejak kepada zaman dan upaya memperpanjang usia dengan dikenang melalui karya buku.

Jodhi Yudono menilai kini pewarta telah abai pada dunia kemanusiaan dan lebih tertarik mengikuti agenda dengan datang ke jumpa pers. Untuk itu, IWO terbuka apabila diberi masukan yang membangun untuk meningkatkan kualitas para pewarta anggotanya. “Iwo terbuka pada kritik karena yang menyehatkan organisasi ini salah satunya kritik termasuk dari kawan mahasiswa,” tutur Jodhi.

Media daring sebagai arus utama diharapkan menjalankan perannya dalam menangkal konten negatif dan penyebaran hoaks di dunia maya. Media daring diharapkan menjaga independensinya serta memberikan pencerahan kepada masyarakat. Apalagi kini media daring merupakan media massa yang paling banyak menyentuh lapisan masyarakat. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!