Izinkan Motor Lewat, Anies Minta Desain Sudirman-MH Thamrin Dibongkar

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

276
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Foto: Dok. CDN

JAKARTA —- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta desainan penataan trotoar di kawasan Sudirman-MH Thamrin yang sebelumnya dibuat oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Djarot Saiful Hidayat diubah.

“Awal-awal saya tugas, saya melihat desain. Saya katakan bongkar, ganti rancangan ini, motor harus masuk Sudirman-Thamrin,” kata Anies saat sambutan di acara ramah tamah pengurus Asril Center periode 2018-2023 di Gedung RJA DPR RI, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya, desainan penataan kawasan tersebut lantaran tidak ada jalur untuk penguna sepeda motor.

“Begitu rancangannya jadi, di situ tidak ada jalur kendaraan bermotor. Desainnya nampaknya indah di mata tapi tidak indah di hati,” ucapnya.

Dia memiliki alasan kuat untuk mengizinlan sepeda motor bisa melintas di Jalan Sudirman-MH Thamrin tersebut. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan mayoritas pengguna sepeda motor di jalan protikol tersebut sangat tinggi dalam setiap harinya.

Dia menyebutkan, mobilitas itu berkaitan dengan tunjangan ekonomi kerakyatan yang menopang kesejahteraan warga kelas menegah ke bawah.

“Kita panggil manajemen ojek online kita minta data pergerakan ojek. Datanya perhari pengataran ke Sudirman-Thamrin itu hampir 480 ribu pengantaran. 480 ribu itu apa, makan siang, snack, kue pesanan-pesanan. Siapa itu? Ya rakyat kecil, rakyat kebanyakan di seluruh Jakarta,” jelasnya.

Lanjutnya, dia mengkhawatirkan jika jalan tersebut tertutup bagi kendaraan roda dua maka geliat usaha bisa terganggu.

“Kalau dipotong maka koridor bisnis utama di Jakarta tidak menarik usaha-usaha kecil di Jakarta. Tidak tersambung yang menyambungkan apa, satu digital teknologi, dua alat transportasi rakyat kebanyakan. Ini bukan sekedar membela motor,” paparnya.

Sekedar informasi, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan penataan ulang di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin. Penataan itu ditargetkan akan selesai pada Juli mendatang sebelum perhelatan Asian Games 2018 digelar pada Agustus 2018.

Baca Juga
Lihat juga...