Jemaat Gereja Katedral Ikuti Ibadah Misa Sabtu Paskah

Editor: Satmoko

207

JAKARTA – Umat Katolik khususnya di Gereja Katedral Jakarta saat ini sedang mengikuti jalannya peribadatan yaitu misa kedekatan kebangkitan Yesus Kristus pada hari Sabtu suci atau Sabtu vigili. Sementara itu kegiatan misa di Gereja Katedral Jakarta akan diselenggarakan sebanyak 3 kali.

Pelaksanaan misa Sabtu paskah dimulai pada sekitar pukul 17:00 WIB yang dipimpin Romo Markus Yumartama dan Romo Joannes Maryana, kemudian pada pukul 20:00 WIB yang dipimpin Romo Alexius Andang Listya Binawan dan terakhir 22:30 WIB yang dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko.

Demikian pernyataan resmi yang disampaikan Susyana Suwadie, Humas Gereja Katedral Jakarta, saat jumpa pers di Jakarta. Menurut Susyana Suwadie, ibadah misa Sabtu paskah tersebut sebenarnya merupakan rangkaian ibadah paskah yang sebelumnya telah diselenggarakan di Gereja Katedral sejak hari Kamis (29/3/2018).

Susyana Suwadie (kanan) Humas Gereja Katedral Jakarta. Foto: Eko Sulestyono

Sedangkan pelaksanaan misa hari ini juga dibagi menjadi 3 bagian, masing-masing adalah upacara cahaya dimana Yesus akan bangkit dari wafatnya sebagai terang dunia yang akan menepis segala kegelapan serta kekelaman dunia dan juga maut maupun dosa.

Dengan demikian kebangkitan Yesus akan membuat terang dunia yang disertai dengan keselamatan dan juga cinta kasih bagi seluruh umat. Sedangkan bagian yang kedua adalah ibadah liturki sabda dan akan diakhiri dengan ibadah liturki ekaristi.

Susyana Suwadie mengatakan, diperkirakan jumlah umat Katolik yang hadir dalam misa paskah Sabtu sore atau petang di Gereja Katedral Jakarta mencapai 4500 hingga 5500 jemaat. “Hal itu melebihi kapasitas kursi yang disediakan yaitu sekitar 4400 tempat duduk. Jemaat gereja tampak khusyuk dan tenang dalam beribadah,” jelasnya di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Seorang pastor bersama sejumlah jemaat tampak terlihat menyalakan lilin. Foto: Eko Sulestyono

Sementara itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan ibadah paskah, Gereja Katedral Jakarta mengerahkan tenaga pengamanan internal yang berjumlah sekitar 50 orang. Sedangkan pengamanan di luar gereja telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pantauan Cendana News dari Gereja Katedral Jakarta, hingga berita ini ditulis pelaksanaan ibadah misa masih terus berlangsung. Sementara itu bagi jemaat gereja yang tidak dapat masuk ke dalam tetap dapat mengikuti jalannya misa di halaman gereja.

Tampak terlihat di luar halaman gereja terdapat 2 televisi ukuran raksasa yang telah disediakan pihak panitia agar para jemaat dapat menyaksikan secara langsung pelaksanaan rangkaian misa paskah di Gereja Katedral Jakarta dengan terang dan jelas.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.