banner lebaran

KAHMI Jaya Hibahkan 20 Alat Pengangkut Sampah untuk Pemprov DKI

Editor: Irvan Syafari

297

JAKARTA —- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah menerima 20 unit alat angkut sampah dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam DKI Jakarta Raya (KAHMI Jaya).

Alat angkut sampah ini berupa motor roda tiga yang akan dihibahkan kepada 20 RW di wilayah Jakarta Utara. Pemberian ini dalam wujud sistem partisipasi dan kolaboratif dari masyarakat dalam mewujudkan kebersihan di Ibu Kota Jakarta.

“Kalau kita ingin merasakan manfaat Jakarta yang bersih, RW-nya diberdayakan, dikasih kendaraan angkut sampah. Hibah alat angkut sampah ini Insha Allah akan dipakai masuk gang-gang kecil,” kata Sandi di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018).

Mantan pengusaha ini menuturkan penyerahan hibah ini akan diintegrasikan dengan gerakan dan program OK OCE. Dia berharap upaya pengentasan masalah dalam pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Para pegiat yang akan menggunakan alat angkut sampah tersebut akan diberdayakan melalui pelatihan. Selain itu, penyelesaian masalah sampah di Jakarta akan memiliki sistem tata kelola yang baik melalui perencanaan bank sampah.

“Jadi, skemanya sudah ada pemberdayaannya sudah ada, mobil-mobil angkut sampahnya sudah ada, bank sampahnya tinggal disinkronkan,” ujarnya.
Dia pun menargetkan setelah ini bisa juga dihibahkan ke wilayah-wilayah lain di DKI Jakarta.

“Kami menargetkan dari 20 unit alat angkut sampah hari ini bisa juga dihibahkan ke wilayah-wilayah lain di DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sandi mengucapkan terima kasih atas 20 unit alat pengakut sampah yang dihibahkannya ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia menilai, ini adalah wujud nyata, konkret dari program partisipatif yang langsung disambut dengan baik.

“Saya ucapkan KAHMI Jaya, Pak Taufik sekaligus juga pimpinan DPRD, Pak Wali Kota Jakarta Utara, yang langsung kami teruskan kepada perwakilan 20 RW Jakarta Utara untuk alat angkut sampah,” imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya alat angkut sampah ini, akan menggerakan perekonomian di akar rumput, sekaligus menciptakan lapangan kerja. Karena, pengelolaan sampah itu betul-betul langsung hadir di masyarakat.

“Harapan kita bahwa ini akan menggerakan perekonomian di akar rumput, meciptakan lapangan kerja, karena pengelolaan sampah itu betul-betul langsung ada hadir di masyarakat bisa mengurangi sampah dan juga bisa meningkatkan perekonomian warga setempat,” tandasnya.

“Kita harapkan dari perwakilan masyarakat lainnya bisa mengikuti jejak KAHMI ke depan,” sambungnya.

Penyerahan 20 unit alat angkut sampah ini diberikan dari Ketua KAHMI Jaya kepada 20 RW di wilayah Jakarta Utara didukung oleh industri otomotif TVS Kargo Kendaran Roda tiga dan PT Tri Rajawali Indo Sejahtera. Selain itu di hadiri oleh Koordinator Presidium KAHMI Jaya, H Mohammad Taufik dan Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.