Kawasan Pohon Mangrove di Balikpapan Butuh Pengawasan

Editor: Koko Triarko

259

BALIKPAPAN — Kawasan Mangrove Center Graha Indah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, salah satu obyek wisata lingkungan yang dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik.

Potensi wisata lingkungan ini harus dijaga dengan baik, karena memberikan dampak positif bagi pariwisata dan keseimbangan lingkungan di kawasan sekitar.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Syarifuddin Odang, mengatakan keberadaan Mangrove Center Graha Indah ini harus menjadi perhatian khusus, menyusul perkembangan kota Balikpapan. Namun, kondisinya saat ini  perlahan penebangan mangrove juga terjadi.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Syarifuddin Odang. –Foto: Ferry Cahyanti

“Ini perlu pengawasan, karena sesungguhnya mangrove center itu pinggirnya lebat, tapi belakangnya banyak ditebangi, coba cek,” ucapnya Rabu, (14/3/2018).

Untuk itu, diperlukan pengawasan yang ketat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota. Ia juga minta pemerintah melakukan pengecekan sendiri keadaan mangrove center tersebut dan harapannya pemerintah tidak lengah dalam mengawasi.

“Nah, tidak mungkin melakukan kenakalan kalau pemerintah tidak beri peluang, mereka tidak akan berani jika disanksi. Jadi, bukan hanya beri izin saja, ada pengawasan juga,” tegas Syarifuddin.

Syarifuddin menyarankan kepada pemerintah untuk jemput bola dan tidak menunggu adanya lapaoran. “Kalau OPD bergerak dengan sesuai tupoksi, maka saya yakin Balikpapan tidak perlu menunggu 5 tahun bisa lebih baik, lebih maju. Kalau rutin dilakukan pengawasan untuk potensi-potensi wisata lingkungan yang dijaga dengan maka tempat ini juga akan aman,” tuturnya.

Ditambahkannya, aman itu adalah kondisi Mangrove Center tersebut. Kendati saat ini terlihat baik-baik saja, namun perlahan penebangan mangrove terjadi juga. “Sehingga pemerintah harus awasi dengan ketat, utamanya mangrove ini juga sudah dijaga warga dan setiap tahun terus ditanami. Apalagi, potensi wisata lingkungan, bila digarap dengan baik akan akan berdampak positif pada ekonomi sekitar,” tandasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.