Kawasan Sungai Andai Jadi Percontohan Perumahan Bersubsidi

Editor: Irvan Syafari

539
Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementrian PUPR Dadang Rukmana saat melakukan wawancara dengan Insan Pers-Foto: Arief Rahman.

BANJARMASIN — Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dadang Rukmana mengapresiasi banyaknya fasilitas umum yang dibangun pada kawasan perumahan bersubsidi di Sungai Andai Banjarmasin.

Hal tersebut diungkapkannya di sela kegiatan peroperasian Mesjid Ar Raudah, yang dibangun oleh PT Herlina Perkasa selaku pengembang perumahan bersubsidi di kawasan Sungai Andai, Rabu (14/3/2018).

“Di kawasan Sungai Andai ini banyak sekali fasilitas umum yang dibangun di tengah-tengah kawasan perumahan bersubsidi. Baik itu lapak UMKM, sekolah, taman hingga yang terbaru masjid. Ini tentunya sangat kita apresiasi dan bisa menjadi salah satu contoh kawasan perumahan bersubsidi terbaik yang baik di Kota Banjarmasin,” jelas Dadang.

Bagi Dadang, pembangunan kawasan perumahan bersubsidi yang dilakukan oleh pengembang hendaknya diimbangi dengan pembangunan fasilitas pendukungnya. Baik itu jalan, ruang terbuka hijau hingga berbagai fasilitas publik lainnya.

“Jangan bangun rumahnya saja dan dijual, sementara fasilitas pendukungnya tidak disediakan. Akibatnya nanti akan sangat berpengaruh pada kualitas kehidupan masyarakatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Owner PT Herlina Perkasa H Hasbullah mengatakan, pembangunan Mesjid Ar Raudah sendiri merupakan bentuk terima kasih pihaknya pada warga Banjarmasin, yang sudah banyak menempati perumahan bersubsidi yang dibangun pihaknya.

Ke depan H Hasbullah berjanji, akan berupaya menyediakan tambahan fasilitas umum lainnya di kawasan perumahan bersubsidi bersama Pemerintah Kota Banjarmasin, yakni Puskesmas.

“Tanahnya sudah kita sediakan dan hibahkan ke Pemkot Banjarmasin, dengan luas sekitar 5.000 meter persegi. Rencananya akan dibangun tahun 2018 ini juga melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.