Kerusakan Akibat Banjir Petani di Lamsel Sediakan Bibit Cadangan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

377

LAMPUNG—Kawasan lahan persawahan di dataran rendah sekaligus di daerah aliran sungai (DAS) sungai pisang membuat ribuan hektare lahan sawah di kecamatan Penengahan, Sragi dan Palas rawan banjir.

Bahkan hingga saat ini, ratusan hektare sawah di desa Palas Aji, desa Sukaraja, desa Bangunan, desa Pulau Tengah,desa Palas Pasemah kecamatan Palas bahkan masih terendam banjir.
Samsudin (59) salah satu petani padi sawah terimbas banjir menyebutkan, kondisi tersebut di luar prediksi, karena seperti tahun sebelumnya banjir melanda sekitar akhir tahun. Meski demikian sebagian besar petani tetap mengantisipas dengan menyiapkan cadangan benih dalam bentuk gabah dan benih padi semai.

“Tanaman berusia kurang dari setengah bulan sebagian sudah hanyut diterjang banjir sehingga harus menanam dari awal,”terang Samsudin saat dikonfirmasi Cendana News, Rabu (6/3/2018).

Beberapa petak lahan sawah dengan padi varietas Muncul yang ditanamnya diprediksi memerlukan sekitar 500 rumpun untuk penyulaman. Tekhnik penyulaman dengan usia bibit yang seragam menjadi solusi meminimalisir dampak banjir.

bencana banjir
Samsudin, warga dusun Muara Badas desa Bangunan kecamatan Palas memperlihatkan lahan sawah yang terendam banjir way Pisang dan harus disulam bibit baru saat banjir surut [Foto: Henk Widi]
Samsudin juga menyebutkan ada dua area persawahan di sisi Timur dan barat bantaran sungai Way Pisang. Kerusakan sawah di sisi Barat karena kondisi jebolnya tanggul yang sudah terjadi beberapa pekan sebelumnya. Warga terpaksa bergotong royong untuk mengupahkan pembuatan tanggul karung berisi pasir agar air tidak meluap.

Hamin (36) petani di desa Bandanhurip kecamatan Ketapang menyebut meski sempat terendam banjir lahan sawahnya kini sudah mulai surut. Ia justru hendak melakukan proses penyulaman pada tanaman padi miliknya yang terserang hama keong mas.

“Serangan hama keong mas merajalela setelah banjir karea terseret banjir,” tambahnya.

Hamin menyebut persediaan benih padi varietas Muncul disediakan pada lahan sawah yang lebih tinggi dan terhindar dari banjir. Penyediaan benih cadangan dilakukan sebagai solusi menyediakan bibit akibat serangan hama dan banjir.

“Jika tidak menyediakan cadangan benih secara mandiri maka akan mengalami kesulitan memperoleh benih,” beber Hamin.

Meski varietas padi Muncul tahan terhadap genangan air, ia berharap banjir tidak akan melanda wilayah tersebut. Selain saluran primer irigasi yang dibangun sejak zaman Presiden Soeharto masih cukup baik, banjir tidak akan melanda jika tanggul penangkis way Pisang tidak jebol.

Baca Juga
Lihat juga...