Kopertis Tekan Ijazah Bodong dengan PIN dan SIVIL

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

473

BANJARMASIN — Koordinator Kopertis Wilayah XI terus berupaya mendorong profesionalisme Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kalimantan, khususnya dalam hal penerbitan ijazah.

Salah satunya terbaru adalah dengan menggelar kegiatan sosialisasi Penamaan Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL), Senin (5/3/2018) di Aula Kopertis XI Banjarmasin.

“Kita ingin melalui kegiatan ini para PTS bisa makin tertib administrasi untuk melakukan penerbitan ijazah. Selain itu melalui sistem ini kita ingin menekan ijazah bodong,” tegas Kepala Kopertis XI, Prof Idianoor Mahyuddin.

Selama ini sebelum adanya PIN dan SIVIL, banyak sekali PTS yang bisa menerbitkan ijazah bodong tanpa melakukan aktivitas perkuliahan.

Namun kini hadirnya sistem PIN dan SIVIL memungkinkan hal tersebut sulit untuk dilakukan. Mengingat untuk bisa mendapatkan nomer resmi ijazah berbagai dokumen pendukung haruslah dimasukkan dalam sistem PIN dan SIVIL terlebih dahulu.

“Bahkan sebelum data masuk di data center di PIN dan SIVIL, mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengikuti kegiatan wisuda,” tambahnya.

Sebenarnya penerapan PIN dan SIVIL sendiri diakuinya sudah cukup lama dilakukan, namun memang akan mulai diterapkan secara utuh pada tahun 2018 ini.

“Karena itulah sosialisasinya perlu kita gencarkan lagi, khususnya bagi PTS yang kita anggap masih administrasi penerapan PIN dan SIVILnya tidak sesuai standart,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...