KPK Gelar OTT di Tangerang

Editor: Koko Triarko

473
Ketua KPK, Agus Rahardjo, di Gedung KPK Jakarta. –Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) malam ini dikabarkan kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Tangerang, Banten, Senin (12/3/2018).

Berdasarkan informasi yang beredar, sejumlah orang terjaring dalam OTT KPK tersebut. Mereka diduga mengetahui atau terlibat dalam sebuah kasus perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Ketua KPK Agus Rahardjo, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Gedung KPK membenarkan terkait adanya OTT KPK di wilayah Tangerang. Namun, Agus Rahardjo masih belum bersedia memberikan keterangan lebih rinci.

“Ada kegiatan operasi penindakan (OTT) yang dilakukan petugas KPK di wilayah Tangerang, Banten. Saat ini sejumlah orang yang terjaring OTT langsung menjalani pemeriksaan awal di Gedung KPK Jakarta, selanjutnya tunggu informasi selengkapnya terkait kegiatan tersebut dalam acara jumpa pers yang rencananya akan digelar Selasa besok”, kata Agus Rahardjo, di Gedung KPK Jakarta, Senin (12/3/2018).

Agus Rahardjo juga mengatakan, penyidik KPK maaih punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum sejumlah orang yang tertangkap.

Sementara itu, Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Agung Suhadi, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan menjelaskan, bahwa memang benar ada sejumlah orang yang terjaring OTT KPK.

Salah satunya, seorang oknum pegawai perempuan yang diketahui menjabat sebagai Panitera Pengganti di PN Tangerang, yang bersangkutan ikut ditangkap dan diamankan petugas KPK.

Menurut Suhadi, salah satu oknum pegawai PN Tangerang yang ikut terjaring OTT KPK tersebut berinisial TA. Selain itu, petugas KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga sebagai suap atau gratifikasi dari tangan TA. Diduga TA telah menerima sejumlah uang terkait penanganan perkara dari sejumlah pihak yang bersangkutan atau pihak terkait lainnya.

Agung Suhadi menambahkan, bahwa tak lama setelah melakukan kegiatan OTT, petugas KPK langsung membawa sejumlah orang yang sebelumnya ikut ditangkap dan diamankan ke Gedung KPK Jakarta. Saat ini mereka sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait penyelidikan kasus tersebut.

Terkait OTT tersebut, Agung Suhadi juga menjelaskan, bahwa sejumlah  tim dari Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (MA) segara diturunkan ke lapangan untuk melakukan pengecekan.

Lihat juga...

Isi komentar yuk