KPK Kembali Periksa Bupati Lampung Tengah

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

339
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah - Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA — Bupati Lampung Tengah non aktif Mustafa kembali menjalani pemeriksaan di Gedung KPK dengan kapasitas sebagai saksi untuk tersangka Taufik Rahman, Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga non aktif.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah membenarkan terkait pemeriksaan terhadap Mustafa. Namun ia belum bersedia memberikan informasi secara rinci, karena hingga saat ini pemeriksaan sedang berlangsung.

“Bupati Lampung Tengah non aktif Mustafa hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan yang dilakukan penyidik di Gedung KPK Jakarta. Yang bersangkutan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Taufik Rahman terkait kasus perkara suap rencana pinjaman dana kepada PT. SMI sebesar Rp300 miliar,” jelasnya di Gedung KPK Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Febri Diansyah juga menjelaskan bahwa penyidik juga memeriksa sejumlah saksi lainnya, yang berasal dari unsur Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah.

Sejumlah saksi tersebut masing-masing adalah Indra Jaya dari Fraksi Partai Demokrat, Raden Zufiri dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta seorang stat DPRD Kabupaten Lampung Tengah yang bernama Puji. Mereka akan diperiksa untuk tersangka lainnya, J Natalis Sinaga Rahman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah non aktif.

Kasus dugaan korupsi berupa pemberian suap atau gratifikasi tersebut terungkap pada saat petugas KPK menggelar kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di sejumlah lokasi yaitu masing-masing di Jakarta, Bandar Lampung dan Lampung Tengah. Dalam OTT tersebut, petugas KPK mengamankan sejumlah orang.

Petugas KPK juga mengamankan uang tunai senilai Rp1 miliar yang diduga akan diberikan kepada sejumlah oknum Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah. Uang tersebut perinciannya masing-masing Rp900 juta berasal dari pemberian pengusaha atau kontraktor, sedangkan Rp100 juta berasal dari pemberian Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah.

Baca Juga
Lihat juga...