banner lebaran

KPU Karanganyar Gelar Uji Publik DPS

Editor: Satmoko

359

SOLO – Menjelang pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jawa Jengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Selama beberapa pekan ke depan, Uji Publik DPS itu untuk mengantisipasi adanya pemilih yang tercecer untuk dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko dalam jumpa pers menjelaskan, Uji Publik DPS ini akan berlangsung pada 27 Maret – 2 April 2018 mendatang. Uji Publik DPS akan dilakukan di tempat-tempat strategis di tingkat RT atau RW.

“Ini untuk antisipasi manakala ada potensi pemilih namun belum masuk dalam DPS. Uji publik ini diharapkan masyarakat bisa lebih proaktif jika memang belum masuk dalam DPS,” papar Handoko kepada awak media, Sabtu (24/3/2018).

Dalam uji publik ini, KPU Karanganyar menetapkan jumlah DPS dalam Pilkada dan Pilgub Jawa Tengah adalah 684.901 pemilih. Jumlah itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah DPT pada Pemilihan Presiden 2014 lalu, yakni sebanyak 688.000 pemlih.

Sejauh ini KPU Karanganyar juga tidak menemukan adanya daftar pemilih ganda.

“Hingga diumumkan DPS dan akan dilakukan Uji Publik, KPU belum menemukan daftar pemilih ganda,” jelas dia.

Setelah dilakukan Uji Publik, KPU selanjutkan akan melakukan pemutakhiran data sebelum ditetapkan menjadi DPT. Penetapan DPT sendiri bakal dilakukan pada 13-19 April 2018 mendatang. Sejauh ini, KPU telah melakukan berbagai sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Karanganyar maupun Pilgub Jateng.

Sosialisasi juga dibedakan berdasarkan sasaran, kelompok umur, serta tempat atau lokasi.

“Berbagai sosialisasi ini diantaranya terhadap difabel, pemilih pemula, tempat terpencil, tempat khusus, serta tempat keramaian. Ini diharapkan partisipasi pemilih biar bisa lebih maksimal,” tandasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.