KSAL Ikut Berenang di Lomba Renang Lintas Selat Sunda

Editor: Mahadeva WS

831

LAMPUNG — Kepala staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Komandan Marinir (Dankomar) Mayor Jenderal (Mar) Bambang  Suswantono ikut berenang di kompetisi lomba renang lintas Selat Sunda yang digelar, Jumat (2/3/2018). Keduanya ikut di rombongan perenang pertama yang berangkat mulai pukul 21.23 WIB dari garis Start di Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya.

Keduanya ikut berenang usai memberikan pengarah untuk pelepasan pesera lomba renang yang digelar dalam rangkat Hut Koprs Marinir ke 72 tersebut. Bersama sejumlah pejabat TNI angkatan laut lain KSAL dan Dankomar berenang menempuh jarak beberapa ratus meter sebelum akhirnya naik ke perahu seareader yang disiapkan sebagai pengiring.

Sebelum ikut langsung berenang, Laksamana TNI Ade Supandi di hadapan ratusan peserta meminta agar para perenang memperhatikan faktor keselamatan meski hadiah yang disediakan cukup besar. Peserta diminta untuk memperhatikan kondisi laut termasuk kemungkinan adanya gangguan binatang seperti ubur ubur.

Faktor keselamatan harus diperhatikan. “Lupakan hadiah mobil Xpander yang menjadi hadiah utama dan utamakan keselamatan terutama bagi perenang yang sudah berada di urutan dua puluh hingga tigapuluh jika sudah tidak mampu agar memutuskan untuk berhenti sebelum garis finish,” tandas KSAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Ade menyebut, tujuan kegiatan lomba renang tersebut untuk memperlihatkan ketahanan fisik prajurit marinir yang bisa merenangi selat antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera tersebut. Pelaksanaan lomba renang tersebut merupakan pelaksanaan yang kesembilan dan menjadi sebuah ajang bergengsi bagi prajurit marinir termasuk para peserta dayung.

Prajurit marinir dengan perahu karet sea rider mengawal peserta lomba renang lintas Selat Sunda 2018 -Foto: Henk Widi

Lomba renang lintas Selat Sunda 2018 diikuti oleh 762 atlet dengan rincian sebanyak 290 perenang dan sebanyak 472 pendayung. Dari jumlah tersebut terdapat 32 pendayung dan 9 perenang merupakan warga sipil. Kompetisi digelar Jumat-Sabtu (2-3/3/2018) dengan start dari pelabuhan PT.BBJ dan finish di pantai Tanjung Sekong,Dermaga PT.Jumbo PowerInt, Merak, Banten.

Para peserta lomba renang lintas Selat Sunda yang diberangkatkan pada Jumat (2/3/2018) pukul 21.23. Sementara peserta lomba dayung dimulai diberangkatkan pada Sabtu (3/3/2018) sekira pukul 3.00 WIB. Peserta akan menempuh jarak 39,06 kilometer untuk lomba renang dan 39,01 kilometer untuk lomba dayung.

Diperkirakan para peserta akan sampai di finis pada Sabtu (3/3/2018) sekira pukul 9.00 hingga pukul 10.00 WIB. Personil kesehatan dari Yonkes-2 marinir disiagakan pada tiga pos di darat diantaranya di pelabuhan PT.Bandar Bakau Jaya (BBJ) sebagai lokasi start perlombaan, satu posko kesehatan di Pulau Sangiang yang berada di lintas Selat Sunda dan di Pantai Tanjung Sekong,Dermaga PT.Jumbo Power Int.Merak sebagai lokasi finish perlombaan.

Komandan Marinir Mayor Jenderal (Mar) Bambang  Suswantono meminta agar peserta lomba renang menyatukan tekad sebagai prajurit marinir. Kegiatan renang disebutnya sengaja dilakukan pada malam hari dengan pertimbangan menghindari dehidrasi.

Selain itu, kegiatan juga dilakukan dalam rangkaian operasi sebenarnya yang dilakukan dalam kegiatan infiltrasi di wilayah musuh. “Kegiatan ini dimanifestasikan dalam bentuk lomba dan saya harapkan target memberikan pembekalan untuk korps marinir bisa sampai di finish,” tandas Bambang  Suswantono.

Baca Juga
Lihat juga...