Kuliner Merakyat Nugget Singkong Hadir di Balikpapan

Editor: Satmoko

426

BALIKPAPAN – Tanaman singkong yang masuk kategori umbi-umbian merupakan salah satu menu yang sangat populer di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan singkong, dengan bahan singkong bisa dijadikan kuliner apapun seperti tiwul, klepon, ongol-ongol dan menu lainnya.

Kali ini umbian singkong diolah menjadi makanan yang modern yaitu nugget. Dengan dibentuk seperti nugget, berbahan dasar singkong ini disajikan menjadi menarik dan sangat enak sekali bagi penggemar singkong.

Salah seorang pembuat kuliner singkong nugget, Desi mengungkapkan, singkong makanan yang sederhana dan merakyat ini akan lebih menarik apabila diolah sedikit elit.

“Setelah mencoba berbagai jenis kuliner,  singkong menurutku lebih menarik dan merakyat. Karena selain bahannya yang mudah didapat, rasanya pun juga tak kalah dengan kuliner lainnya,” katanya saat ditemui di warung yang berada di Jalan Inpres Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan, Sabtu (24/3/2018).

Singkong jenis makanan yang dapat disulap menjadi berbagai jenis kuliner menarik. Dari kelas bawah hingga elit sekalipun. Di samping itu harga beli singkong di pasar sangat terjangkau sehingga menjadi daya tarik untuk menekuni usaha kuliner berbahan singkong tersebut.

Siti Desi Rantika pemilik kuliner nugget singkong di Jalan Inpres II, Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

“Dalam satu hari bila ramai bisa menghabiskan 10 sampai 15 kilogram singkong. Keuntungannya beragam, paling kecil untung bersih Rp250 ribu per hari,” ucap perempuan kelahiran Balikpapan ini.

Pengolahan pembuatan nugget singkong pun sangat mudah, dengan ditambah hiasan yang menarik seperti donat akan menjadi daya tarik untuk pembeli.

“Nugget singkong ada berbagai pilihan, ada yang disajikan dengan ceres dan ada pula yang tidak. Singkong nugget ini juga tinggal dicocol dengan sambal menambah cita rasa khas singkong,” celetuk Desi.

Tidak tanggung-tanggung guna menarik pengunjung untuk datang merasakan kuliner singkong ini ia pun memberi nama “Singkong Pelakor”.

“Singkong pelakor sendiri singkatan dari Pembeli Langsung Tekor. Harga jual kami yang murah serta rasa yang bersaing membuat pembeli menjadi ketagihan sehingga membuat membeli terus menerus,” pungkasnya sembari tersenyum.

Menurutnya, antusias pembeli juga beragam. Kebanyakan dari mereka memesan untuk kegiatan keluarga seperti arisan, syukuran hingga nongkrong. Kendalanya bila cuaca buruk membuat tingkat pembeli juga ikut menurun.

Singkong Pelakor sendiri memiliki sejumlah menu seperti Singkong Nugget Manis, Singkong Nugget Gurih, Singkong Goreng Renyah dan Tela-tela. Tentunya dengan varian topping dan sambal berbeda-beda. Pembeli paling banyak memesan singkong goreng renyah dan nugget gurih dengan sambal terasi.

“Harapannya singkong pelakor ini dapat terus eksis dan menjadi pelopor kuliner berbahan lokal khususnya di Balikpapan,” harapnya.

Salah seorang pengunjung, Didik mengatakan, singkong yang terlihat sederhana ini sangat digemari keluarganya. “Nah baru kali ini saya menemukan singkong yang dibuat nugget dengan berbagai varian rasa. Anak-anak pun juga sangat menyukai karena menarik, ditambah rasanya yang gurih,” katanya saat berkunjung ke warung singkong Pelakor.

Apalagi dari sisi harga tak mahal karena di pasar juga singkong murah dan mudah didapat.

“Rasanya bikin ketagihan. Kalau di rumah singkong biasanya saya rebus atau digoreng. Tapi ini dibuat dengan olahan yang sedikit modern, sesuai dengan harga juga tidak mahal,” gebu pria beranak satu ini.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.